Matematika :

Apr 22, 2011

Cara Mencegah Kanker


Kanker adalah salah satu penyakit mematiakan yang dapat mengancam sitiap orang dimuka bumi ini. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir atau takut terhadap ancaman penyakit ini, Asalkan kita menerapkan pola hidup sehat sejak dini maka dengan sendirinya kita akan terbebas dari ancaman kanker.
Thomas A.Sellers, PhD, direktur pencegahan kanker di Moffitt Cancer Center mengatakan, mungkin ada di antara kita yang mewarisi bakat kanker secara genetik. Tapi sebenarnya, bakat itu tidak berpengaruh banyak. Yang paling menentukan adalah gaya hidup.
Jangan bayangkan gaya hidup sehat harus serba sulit. Harus berolahraga seperti atlet atau tidak boleh makan apapun selain sayur-sayuran hambar tanpa bumbu. Anda tak perlu seperti itu. Terapkan saja langkah sederhana yang sudah diuji secara ilmiah ini. Pasti Anda akan lebih sehat dan terjauh dari penyakit mematikan seperti kanker.
* Ngemil kacang-kacangan.
Kacang Brazil, kacang mede, kacang hijau, semuanya kaya akan mineral selenium.

* Rajin bakar kalori.
Sudah banyak penelitian menyakinkan bahwa olahraga rutin, misalnya jalan kaki selama 2 jam per minggu dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker secara signifikan.

* Minum kopi setiap hari.
Penelitian terbaru dari Inggris menyebutkan, orang yang setiap hari minum 5 cangkir atau lebih kopi hitam pahit, memiliki risiko kanker otak 40 persen lebih kecil dibanding yang jarang minum kopi.

* Cukup minum.
Minum air putih, minimal 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan, diyakini pakar bisa mengurangi risiko kanker kandung kemih. Dengan minum yang cukup, kotoran di dalam tubuh akan lebih cepat keluar bersama air seni dan tak sempat mengendap menjadi kanker.

* Simpan air di wadah yang tepat. Simpan air minum di dalam wadah stainless steel atau wadah yang terbuat dari gelas bening.

* Pilih sayuran berwarna gelap. Simak anjuran ahli bagi para penyuka salad: Perbanyak menyantap sayuran berwarna hijau gelap.

* Batasi penggunaan dry cleaner. Ternyata, seberapa sering kita mencuci pakaian dengan sistem dry cleaner dapat menentukan seberapa besar risiko kita terhadap kanker hati, ginjal, dan leukimia.

* Pilih baju dengan bijaksana.
Ketika membeli baju, jangan cuma perhatikan modelnya. Tetapi, perhatikan juga pilihan warnanya. Ilmuwan dari Spayol mengatakan, warna biru dan merah lebih efektif menangkal efek buruk sinar matahari ketimbang warna putih dan kuning.

* Gunakan handphone seperlunya.
Berlama-lama mengobrol di telepon dapat membuat waktu kita habis percuma. Plus, bisa menambah risiko kanker otak.

* Jaga berat badan ideal.
Simpulan penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society mengungkapkan, risiko kematian akibat kanker akan naik sebanyak 20 persen karena obesitas.

* Jangan abaikan rasa nyeri.
Perut kembung, rasa sakit seperti ingin buang air besar, dan nyeri panggul tidak boleh kita abaikan begitu saja.

* Hindari pemeriksaan yang tidak perlu.
Pemeriksaan CT-scan lebih canggih dibanding pemeriksaan sinar-X. Tapi jika kita bicara soal gelombang elektromagnetik, radiasi dari CT-scan lebih besar dari sinar-X, sehingga efek negatif yang ditimbulkan juga lebih besar.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...