Matematika :

Apr 22, 2011

Hutang Dapat Pengaruhi Kesehatan


Apakan anda termasuk orang yang gemar berhutang? Hati-hatilah, sebab ternyata masalah utang memiliki efek yang jelek bagi kehidupan pibadi, kesehatan dan menuunkan kualitas kerja.
The Consumer Credit Counselling Service (CCCS) menemukan hampir setengah dari responden menanggung dampak buruk pada kesehatannya akibat berutang seperti menderita gangguan saraf, mengalami rambut rontok, berkurangnya kemampuan mengecap rasa dan berhenti menstruasi, seperti dikutip dari Guardian.co.uk, Jumat (1/4/2011).
Sayangnya belum banyak orang yang menyadari dampak buruk dari seringnya berutang. Dampak buruk yang ditimbulkan jika sering mengutang yaitu:
1. Kesehatan emosional dan mental
Kesehatan emosi dan mental dapat dengan mudah dipengaruhi oleh utang. Stres dan tekanan yang datang saat seseorang harus memenuhi kewajibannya untuk membayar hutang bisa menyebabkan kegelisahan dan depresi.

2. Kesehatan fisik
Penelitian telah menunjukkan bahwa perasaan cemas dan depresi bisa mengakibatkan efek samping terhadap kesehatan fisik. Dampak yang ditimbulkan adalah masalah jantung dan berkurangnya respons terhadap kekebalan tubuh. Selain itu dampak yang paling cepat terlihat adalah mengganggu aktivitas fisik dan pola makan buruk yang dapat memicu penyakit fisik lainnya.

3. Menimbulkan rasa malu dan bersalah
Orang yang sering mengutang juga kerap kali dihinggapi rasa malu dan juga bersalah, terutama jika kebiasaan ini diketahui oleh banyak orang. Hal ini pula yang bisa mempengaruhi kehidupan sosial seseorang.

4. Mempengaruhi hubungan
Memiliki utang juga mempengaruhi hubungan seseorang dengan pasangan dan juga anak-anaknya. Survei yang dilakukan terhadap 372 orang menemukan masalah utang telah mempengaruhi hubungannya dengan pasangan sebesar 37 persen dan dengan anak-anak sebesar 22 persen.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...