Matematika :

Apr 22, 2011

Pentingnya memilih hosting yang tepat


Sekarang ini banyak sekali bermunculan penyedia hosting baik yang lokal maupun dari luar negeri. Dari yang free hosting alias gratis sampai yang berbayar. Dari yang di kelola secara asal-asalan sampai yang benar-benar profesional bisa kita dapatkan. Untuk yang berbayar masalah harga juga sangat bervariasi dan kompetitif. Dari yang murah sampai mahal semuanya bersaing dan memberikan keunggulan masing-masing.
Tapi apabila kita mau membeli hosting untuk blog kita, saya sarankan untuk berhati-hati dalam memilih tempat hosting. Jangan hanya karena tergiur karena iklannya yang murah tapi ternyata tidak berkualitas dan malah membuat masalah untuk blog kita karena mungkin server yang suka down dll.
Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dan mungkin penting  dalam memilih hosting menurut saya adalah sebagai berikut :
  1. Pilih tempat hosting yang benar-benar terpercaya. Misalnya pemiliknya siapa, kantornya dimana dll. Karena takutnya blog kita dah mulai rame pengunjungnya tahu-tahu hostingannya hilang khan bahaya.
  2. Lihat Customers Service support yang di berikan. Yaitu bagaimana customers Servicenya melayani kita, full online 24jam atau tidak. Karena kalau ada masalah dengan blog kita, maka kita bisa cepat-cepat menanganinya.
  3. Lihat Fasilitas hosting yang di berikan, misalnya kapasitas hostingannya berapa, bandwith transfer berapa, sub domainnya berapa dll. Karena berdasarkan pengalaman gara-gara bandwith transfernya limit blog ini jadi down dan tidak bisa diakses. Padahal diwebsite hostingnya tertera bandwith 2 Giga tapi ternyata yang di berikan cm 1 Giga.
  4. Bandingkan harganya di tempat hosting yang lain. Ini kita lakukan agar kita mendapat hosting yang berkualitas tapi dengan harga yang murah. Karena sekarang ini banyak sekali penyedia hosting yang murah tapi kualitasnya benar-benar murahan.
Kalau beberapa hal diatas sudah kita lakukan, yang terakhir adalah mencari referansi baik dari teman atau forum-forum tentang tempat hosting yang sudah kita pilih. Karena Kadang pengalaman teman atau orang lain penting juga sebelum kita memutuskan jadi atau tidak kita memilih tempat hosting tersebut agar kita tidak ikut rugi karena tertipu iklan yang muluk-muluk di tempat hosting yang mau kita pilih.
Semoga tulisan diatas bisa bermanfaat buat teman-teman semua agar kita tidak kecewa dalam memilih tempat hosting untuk blog kita. Karena saya sendiri pernah di kecewakan oleh penyedia tempat hosting karena gara-gara down dan blog tidak bisa diakses pengunjung blog saya benar-benar turun drastis. Meskipun sekarang sudah normal lagi tetapi tetap saja pengunjungnya turun drastis sampai 80%. Semoga tidak terjadi pada blog teman-teman semua…

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...