Matematika :

Jun 11, 2011

FLU BURUNG

Penyakit flu burung atau flu unggas (Bird FluAvian influenza) adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza tipe A dan ditularkan oleh unggas. Penyakit flu burung yang disebabkan oleh virus avian infuenza jenis H5N1 pada unggas di konfirmasikan telah terjadi di Republik Korea, Vietnam,


Jepang, Thailand, Kamboja, Taiwan, Laos, China, Indonesia dan Pakistan. Sumber virus diduga berasal dari migrasi burung dan transportasi unggas yang terinfeksi.


Di Indonesia pada bulan Januari 2004 di laporkan adanya kasus kematian ayam ternak yang luar biasa (terutama di Bali, Botabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Jawa Barat). Awalnya kematian tersebut disebabkan oleh karena virus new castle, namun konfirmasi terakhir oleh Departemen Pertanian disebabkan oleh virus flu burung (Avian influenza (AI)). Jumlah unggas yang mati akibat wabah penyakit flu burung di 10 propinsi di Indonesia sangat besar yaitu 3.842.275 ekor (4,77%) dan yang paling tinggi jumlah kematiannya adalah propinsi Jawa Barat (1.541.427 ekor).


Pada bulan Juli 2005, penyakit flu burung telah merenggut tiga orang nyawa warga Tangerang Banten, Hal ini didasarkan padahasil pemeriksaan laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Depkes Jakarta dan laboratorium rujukan WHO di Hongkong.


Penyebab


Penyebab flu burung adalah virus influenza tipe A . Virus influenza termasuk famili Orthomyxoviridae. Virus influenza tipe A dapat berubah-ubah bentuk (DriftShift), dan dapat menyebabkan epidemi dan pandemi. Virus influenza tipe A terdiri dari Hemaglutinin (H) dan Neuramidase (N), kedua huruf ini digunakan sebagai identifikasi kode subtipe flu burung yang banyak jenisnya. Pada manusia hanya  terdapat jenis H1N1, H2N2, H3N3, H5N1, H9N2, H1N2, H7N7. Sedangkan pada binatang H1-H5 dan N1-N9.


Strain yang sangat virulen/ganas dan menyebabkan flu burung adalah dari subtipe A H5N1. Virus tersebut dapat bertahan hidup di air sampai 4 hari pada suhu 220 C dan lebih dari 30 hari pada 00 C. Virus akan mati pada pemanasan 600 C selama 30 menit atau 560 C selama 3 jam dan dengan detergent, desinfektan misalnya formalin, serta cairan yang mengandung iodine.


Gejala


v     Jengger berwarna biru
v     Borok dikaki
v     Kematian mendadak


b. Gejala pada manusia.


v     Batuk dan nyeri tenggorokan
v     Radang saluran pernapasan atas
v     Nyeri otot


Masa Inkubasi


v     Pada Unggas : 1 minggu
v     Pada Manusia : 1-3 hari , Masa infeksi 1 hari sebelum sampai 3-5 hari sesudah timbul gejala. Pada anak sampai 21 hari .


Penularan


Flu burung menular dari unggas ke unggas, dan dari unggas ke manusia, penyakit ini dapat menular melalui udara yang tercemar virus H5N1 yang berasal dari kotoran atau sekreta burung/unggas yang menderita flu burung. Penularan dari unggas ke manusia juga dapat terjadi jika manusia telah menghirup udara yang mengandung virus flu burung atau kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi flu burung. Sampai saat ini belum ada bukti yang menyatakan bahwa virus flu burung dapat menular dari manusia ke manusia dan menular melalui makanan.


Pencegahan


a. Pada Unggas:


v     Pemusnahan unggas/burung yang terinfeksi flu burung
v     Vaksinasi pada unggas yang sehat


b. Pada Manusia :


v     Kelompok berisiko tinggi ( pekerja peternakan dan pedagang)


a.      Mencuci tangan dengan desinfektan dan mandi sehabis bekerja.
b.      Hindari kontak langsung dengan ayam atau unggas yang terinsfeksi flu burung.
c.       Menggunakan alat pelindung diri. (contoh : masker dan pakaian kerja).
d.      Meninggalkan pakaian kerja ditempat kerja.
e.      Membersihkan kotoran unggas setiap hari.
f.        Imunisasi.


v     Masyarakat umum


a.  Menjaga daya tahan tubuh dengan memakan makanan bergizi & istirahat cukup.
b.  Mengolah unggas dengan cara yang benar, yaitu :
Ø      Pilih unggas yang sehat (tidak terdapat gejala-gejala penyakit pada tubuhnya)
Ø      Memasak daging ayam sampai dengan suhu ± 800C selama 1 menit dan pada telur sampai dengan suhu ± 640C selama 4,5 menit.



Pengobatan bagi penderita flu burung adalah:


1.      Pemberian obat anti virus oseltamivir 75 mg dosis tunggal selama 7 hari.
4.      Amantadin diberikan pada awal infeksi , sedapat mungkin dalam waktu 48 jam pertama selama 3-5 hari dengan dosis 5 mg/kg BB perhari dibagi dalam 2 dosis. Bila berat badan lebih dari 45 kg diberikan 100 mg 2 kali sehari.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...