Matematika :

Jun 1, 2011

Manusia Bukan Robot

Saya mengiyakan saja ketika teman berkata bahwa nasib Briptu Norman Kamaru bisa saja seperti Mbah Surip. Hanya saja saya tak yakin kalau berujung ke kematian. Ada batas tegas yang membedakan keduanya. Namun, yang namanya aji mumpung tanpa pengendalian diri tetaplah berakibat buruk.
Begitulah. Setelah hampir dua pekan di Jakarta dengan segala kesibukannya, ia balik ke Gorontalo tempat ia bertugas dengan kondisi yang memprihatinkan. Kompas.com mewartakan bahwa dia mengalami penurunan tekanan darah, berat badan berkurang, sampai harus diberikan cairan infus.
Dalam blog-nya dr.H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH,MMB. dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM menulis tentang dampak kelelahan. Ari Fahrial Syam menulis bahwa kelelahan bisa berdampak kepada gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis, dan menurunnya daya tahan tubuh seseorang. Kelelahan serta stres yang tinggi juga akan mengganggu proses metabolisme dan hormonal di dalam tubuh kita.
Kelelahan juga menyerang sistem pencernaan, antara lain dengan menurunnya nafsu makan. Padahal, saat lelah itu justru tubuh seharusnya memperoleh asupan yang tepat. Saat yang sama, sebagai penghibur dadakan, Briptu Norman harus tampil prima untuk memuaskan para penggemarnya. Bahkan, saat tiba di Gorontalo pun Briptu Norman masih diharapkan bisa tampil dalam sebuah acara penyambutan.
Seseorang yang mengalami kelelahan juga akan mengalami mual bahkan muntah serta nyeri di ulu hati. Konsentrasinya sudah buyar, emosinya labil. Alhasil, berbagai penyakit kronis dapat kambuh. Rentetan selanjutnya adalah mudah terkena infeksi virus seperti virus flu virus hepatitis, demam thypoid, dan virus demam berdarah.
Perjalanan waktu telah membuktikan banyak artis yang meninggal dalam usia yang relatif muda karena mengalami sakit yang umumnya dicetuskan  akibat istirahat dan makan yang tidak teratur. Apabila sudah ditemukan gangguan kesehatan seperti mual muntah dan sakit kepala serta nyeri dada kita harus waspada. Sebab hal itu adalah peringatan agar kita berhenti beraktivitas. Tubuh sudah menjerit untuk segera beristirahat.

sumber ; intisari-online.com

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...