Matematika :

Sep 23, 2011

KPK Gantung Nasib Anas

Komisi Pemberantasan Korupsi menggantung nasib Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan status Anas dalam kasus korupsi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bergantung pada hasil pemeriksaan dan alat bukti. "Bisa meningkat, stagnan, bisa tidak sama sekali," kata Busyro di gedung KPK kemarin. 
Kemarin penyidik KPK memeriksa Anas sebagai saksi dalam kasus korupsi proyek bernilai Rp 8,9 miliar itu. Menurut Busyro, KPK akan terus mendalami secara serius kasus korupsi yang terjadi pada 2008 tersebut. 
Setelah diperiksa lebih dari dua jam, kemarin Anas menggelar jumpa pers singkat. Dia mengaku sudah menjelaskan semuanya kepada penyidik. Tapi Anas menolak menjawab pertanyaan wartawan yang berkaitan dengan materi pemeriksaan. "Tanya saja kepada penyidik," ujarnya. 
Anas terseret kasus korupsi PLTS setelah bekas Bendahara Umum Demokrat M. Nazaruddin membeberkan bahwa dirinya dan Anas pernah berkongsi di PT Anugrah Nusantara, salah satu peserta tender proyek PLTS. Proyek akhirnya dimenangi PT Alifindo Nuratama Perkasa--perusahaan yang sering dipinjam Nazar untuk mengeruk proyek-proyek pemerintah. 
Dalam kasus PLTS, KPK menduga negara merugi sekitar Rp 3,6 miliar. KPK pun telah menetapkan dua tersangka, yakni Neneng Sri Wahyuni (istri Nazar) dan Timas Ginting (penanggung jawab proyek di Kementerian Transmigrasi). 
Di luar kasus PLTS, Nazar pernah menuduh Anas terkait dengan berbagai proyek kementerian dan badan usaha milik negara. Dalam proyek wisma atlet SEA Games Palembang, misalnya, Nazar menuduh Anas menerima uang miliaran rupiah. 
Untuk memenangkan Anas dalam Kongres Partai Demokrat di Bandung tahun lalu, Nazar pun mengaku telah menggalang dana lebih dari Rp 100 miliar. Dana antara lain diperoleh dari proyek pusat pendidikan dan kompleks olahraga Hambalang, Bogor; proyek kartu tanda penduduk elektronik; proyek Bantuan Operasional Sekolah; dan proyek di PLN. 
Dalam berbagai kesempatan, Anas telah membantah tuduhan Nazar. Anas bahkan telah melaporkan Nazar kepada polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik. 
Menurut Busyro, pemanggilan Anas kemarin hanya menyangkut proyek PLTS. KPK belum menanyai Anas soal proyek lainnya. "Belum sampai ke situ," ujar Busyro.
Juru bicara KPK, Johan Budi, menambahkan, penyidik menguji silang keterangan Nazar kepada Anas, termasuk soal posisi dia di PT Anugrah. "KPK juga punya data yang harus di-cross check ke Pak Anas," kata Johan tanpa memerinci data tersebut. 
Menurut dia, KPK belum memeriksa Anas dalam kasus wisma atlet karena belum ada keterangan tersangka yang mengarah kepada dia. Dua kali diperiksa penyidik, Nazar pun selalu bungkam soal keterkaitan Anas di wisma atlet. "Nazar hanya bicara soal itu kepada media," ujar Johan
Sumber : Koran Tempo

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...