Matematika :

Jan 13, 2011

Soal Latihan Olimpiade Matematika


Berikut ini adalah sejumlah soal menarik sebagai latihan dalam persiapan menghadapi lomba atau kompetisi matematika seperti lomba Olimpade Sains Nasional Bidang Matematika. Soal-soal berikut saya kutip dari Soal Kompetisi Matematika yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kreatif Matematika Universitas Negeri Surabaya, namun karena kendala gambar, maka tidak semua soal bisa saya tampilkan.


Soalnya adalah sebagai berikut :

SOAL 1
Tabungan Cicik sekarang berjumlah Rp.900.000,00. Tabungan Shofan berjumlah 7/6 tabungan Cicik. Jika keduanya menabung di Bank yang sama dan suku bunga Bank tersebut adalah 7% per tahun, tentukan jumlah tabungan Cicik dan Shofan setelah 3 tahun!

SOAL 2
Jumlah dari 2 + 3 + 4 + …. + 2007 + 2008 adalah

SOAL 3
Nilai rata-rata dari 32 siswa adalah 7,9. Jika nilai Erda adalah 9 dan nilai Novita adalah 8,  tentukan nilai rata-rata 30 siswa yang lain!

SOAL 4
Nilai n persamaan berikut adalah

SOAL 5
Jika 15B2B habis dibagi 3, maka hasil kali semua bilangan B yang mungkin adalah

SOAL 6
The volume of a cube is 1000 cm3. If the sides is increased by 15%, then the volume of the new cube is…cm3

SOAL 7
Average mass of three boxes is 52 kg. the mass of box A is four times of box B, and the mass of box B is a half of box C. Find the mass of box B!

SOAL 8
Two books, two pencils, and one eraser altogether cost Rp.15.000,00. One book, one pencil, and one eraser altogether cost Rp.9.000,00. How much do you have to pay for thirteen books, thirteen pencils, and twenty erasers?

SOAL 9
Find the last digit of 42312!

SOAL 10
Berapa sudut terkecil pada pukul 11.35?

SOAL 11
Sebuah kubus sudut-sudutnya di cat seperti pada gambar berikut. Jika setiap titik tengah dari rusuk kubus tersebut menjadi titik sudut segitiga-segitiga yang berwarna hitam, berapakah luas permukaan kubus yang di cat? (panjang rusuk kubus = 10 cm)

SOAL 12
Roda depan sebuah sepeda memiliki jari-jari 28 cm, sedangkan roda belakangnya memiliki jari-jari 31,5 cm. Berapa selisih dari banyaknya putaran antara roda depan dan roda belakang ketika sepeda tersebut jarak 15,84 km?

SOAL 13
Hasil dari  perkalian di atas adalah ....

SOAL 14
Sebuah tempat penampungan air dengan volume 20 m3 dalam keadaan kosong diiisi dengan air sebanyak 4 m3 setiap harinya. Tiap sore air itu diambil sebanyak 3 m3. Pada hari ke berapa penampungan air itu pertama kali penuh!

SOAL 15
Genduk menghabiskan Rp40.000,00 pada hari pertama perjalanannya. Selanjutnya setiap hari berikutnya ia menghabiskan setengah dari sisa uangnya. Jika ia mempunyai sisa uang sebesar Rp2.500,00 pada akhir hari kelima perjalanannya, berapa banyak uang yang ia miliki sebelum melakukan perjalanan?

SOAL 16
Diketahui dua buah kubus. Volume kubus pertama sama  dengan 155/8 kali volume kubus kedua. Berapakah perbandingan panjang rusuk kubus pertama terhadap panjang rusuk kubus kedua!

SOAL 17
Perbandingan banyaknya pohon Akasia yang ditanam pada petak sawah yang berbentuk persegi dengan persegi panjang adalah 5:6. Jika banyaknya pohon Akasia pada petak sawah yang berbentuk persegi panjang adalah 168 pohon, dimana setiap pohon ditanam di sekeliling petak sawah, berapa luas sawah yang berbentuk persegi jika jarak antar pohon yang ditanam adalah 3m?

Selamat mencoba, semoga sukses.

Pencarian akan kebenaran adalah sesuatu yang gampang-gampang sukar, karena jelas bahwa tidak seorangpun yang dapat menguasainya secara sempurna ataupun tidak menemukannya sama sekali. Namun sesungguhnya, masing-masing kita memberi sedikit tambahan pada pengetahuan kita akan alam, dan dari semua fakta yang terangkai barulah muncul secercah keagungan yang mempesona.
Pepatah Yunani, dari tulisan Aristoteles, di fasad gedung National Academy of Sciences di Washington D.C. USA

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...