Matematika :

Apr 22, 2011

Dampak Wanita Yang Mempunyai Lebih Dari 1 Pria


Selama ini masyarakat lebih banyak mengenal laki-laki yang memiliki istri lebih dari satu (poligami). Tapi ada juga bentuk pernikahan yang mana perempuan memiliki suami lebih dari satu (poliandri), tapi poliandri ini memiliki beberapa risiko.
Poliandri adalah salah satu praktik pernikahan yang mana seorang perempuan memiliki lebih dari 1 suami. Bentuk pernikahan ini diperkirakan hanya ada kurang dari 1 persen di seluruh dunia dan terbatas pada wilayah tertentu seperti di Himalaya, Nayar Selatan India, masyarakat Eskimo dan beberapa Indian Amerika Utara.
Umumnya praktik poliandri ini terjadi pada daerah tertentu yang mana terdapat kelangkangan perempuan, sehingga seringkali seseorang pria berbagi istri dengan saudara lainnya. Pada daerah tertentu tradisi ini terjadi secara turun temurun bahkan hingga ke anak-anaknya.
Bila poligami dapat meningkatkan usia seorang pria sebanyak dua belas persen. Maka poliandri juag dapat membeikan efek positif bagi perempuan yanitu akan memperbesar peluang hamil, karena banyaknya sperma yang masuk sehingga dapat meningkatkan keberhasilan dalam proses pembuahan sel telur.
Tapi poliandri lebih sering menimbulkan masalah mengenai status anak dan pernikahannya. Risiko yang mungkin timbul akibat praktik poliandri ini seperti dikutip dari Brighthub.com, Senin (7/2/2011) yaitu:
1. Kurangnya kepastian mengenai keturunan yang dihasilkan.
Ketidaktahuan menentukan ayah biologis dari anak yang dilahirkan sangat tinggi akibat bentuk pernikahan poliandri. Hal ini bisa memicu atau membuat masalah dalam kehidupan rumah tangganya.

2. Menurunkan angka kelahiran dan juga jumlah orangtua.
Karena hanya satu perempuan yang terlibat dalam beberapa pernikahan, maka jumlah anak yang dihasilkan dalam sebuah pernikahan akan sedikit.

3. Tingkat kegagalan pada bentuk pernikahan ini lebih tinggi, karenanya pasangan yang melakukan poliandri sangat rentan mengalami perceraian atau juga perselingkuhan.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...