Matematika :

Jun 5, 2011

Buah Naga

Buah naga, buah yang masih belum lama di kenal ini memiliki nama lain dragon fruit. tanaman ini berasal dari Negara mexico, amerika utara, dan amerika tengah. Namun sekarang ini buah naga sudah menyebar diseluruh dunia   karena tanaman ini sangat mudah dibudidayakan, terutama di daerah tropik seperti Indonesia ini. Tanaman ini memiliki buah yang sangat enak dan menarik, menarik karena memiliki varietas yang bermacam dan warna yang menarik, terdapat banyak biji dan kandungan air di dalam buahnya, sekilas daging buah ini sangat mirip dengan daging buah semangka, namun buah naga memiliki tekstur yang lebih lembut.
Nama buah naga atau dragon fruit mungkin disebabkan buah ini memiliki warna merah menyala dan memiliki kulit dengan sirip hijau yang mirip dengan sosok naga dalam imajinasi dinegara China. Dulu masyarakat China kuno sering menyajikan buah ini dengan meletakkannya diantara dua ekor patung naga diatas meja altar dan dipercaya akan mendatangkan berkah.

Seperti didaerah asalnya Mexico dan Amerika, meskipun awalnya tanaman ini ditujukan untuk tanamanan hias dalam perkembangannya masyarakat Vietnam mulai mengembangkan sebagai tanaman buah, karena memang bukan hanya dapat dimakan, rasa buah ini juga enak dan memiliki kandungan yang bermanfaat dan berkhasiat. Maka tanaman ini mulai dibudidayakan dikebun-kebun sebagai tanaman yang diambil buahnya.


untuk pengklasifikasiannya buah naga diklasifikasikan sebagai berikut :

Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Subdivisi : Agiospermae (berbiji tertutup)
Kelas : Dicotyledonae (berkeping dua)
Ordo : Cactales
Famili : Cactaceae
Subfamily : Hylocereanea
Genus : Hylocereus
Species : - Hylocereus undatus (daging putih)
- Hylocereus polyrhizus ( daging merah)
- Hylocereus costaricensis (daging merah super)
- Selenicereus megalanthus (kulit kuning, tanpa sisik)

Buah naga termasuk kelompok tanaman kaktus atau family Cactaceae dan subfamily Hylocereanea. Termasuk genus Hylocereus yang terdiri dari dari beberapa species, dan diantaranya adalah buah naga yang biasa dibudidayakan dan bernilai komersial.


Dalam pembuahannya, buah naga memiliki bunga yang sangat indah dan mirip sekali dengan bunga wijaya kusuma, bunga buah naga juga bermekaran pada malam hari dan layu pada waktu matahari meninggi. Dalam setiap buahnya bisa terdapat biji sampai 1000 biji, tapi tenang saja karena biji buah ini dapat dimakan langsung dengan dagingnya

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...