Matematika :

Jun 27, 2011

Masa Puber Dan Cara Menghadapinya

Anak remaja laki-laki dan perempuan antara usia 10 dan 14 akan memasuki masa puber, yaitu akan mengalami perubahan pada tubuh mereka. Perubahan ini terjadi selama beberapa tahun, ini merupakan tahap perkembangan remaja. Perubahan terjadi pada semua anak laki-laki dan perempuan, tetapi mereka akan memulai masa puber pada waktu yang berbeda. Tidak semua orang mulai pubertas antara usia 10 dan 14, beberapa orang mulai masa pubernya lebih muda, dan beberapa di atas umur 14.
Demikian pula, pada beberapa orang semua perubahan terjadi dalam dua tahun, dan orang lain dapat memakan waktu selama empat tahun. Umumnya mereka mulai antara usia 7 sampai 13 pada anak perempuan dan usia 9 sampai 15 pada anak laki-laki. Pubertas dimulai ketika jumlah ekstra zat kimia yang disebut hormon mulai diproduksi dalam tubuh. Hormon-hormon ini memandu perubahan yang terjadi dalam tubuh. Serta menyebabkan perubahan fisik, hormon ini juga mempengaruhi perubahan emosi.
Cara menghadapi masa puber adalah dengan memahami apa arti masa puber itu sendiri. Tanyakan pada orang tua atau saudara yang lebih tua dari Anda. Jika Anda tidak ingin berbicara tentang pubertas dengan orang tua atau teman Anda. Anda bisa mencari buku tentang pubertas atau mencari informasi tentang pubertas di internet. Mungkin Anda akan merasa tidak nyaman dengan perubahan pada diri Anda. Janganlah takut akan hal ini, karena semua orang pasti mengalami masa puber.
Selalu jaga kebersihan tubuh Anda karena masa puber akan membuat kelenjar keringat Anda lebih aktif dan dapat menyebabkan bau badan. Ketahuilah bahwa kulit Anda mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh perubahan hormonal seperti jerawat atau mungkin kulit Anda menjadi kering. Cuci wajah Anda setidaknya dua kali setiap hari. Menjaga diri tentu sangat penting bukan hanya perempuan, namun juga laki-laki. Karena masa puber sangat mempengaruhi hormon seksual seseorang.
Cara menghadapi masa pubertas sangat memerlukan pengawasan orang tua. Karena pada masa ini baik anak laki-laki dan perempuan akan lebih aktif dan tingkat emosionalnya lebih tinggi. Kebanyakan pada masa pubertas, rasa penasaran pada seks akan lebih tinggi. Hal ini yang perlu diperhatikan oleh orang tua, karena tanggung jawab orang tua adalah memperhatikan anaknya. Bagi orang tua, pendekatan pada anak sangat diperlukan pada masa pubertas ini.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...