Matematika :

Jun 5, 2011

Optimalisasi Blog dengan Teknik SEO

Topik mengenai SEO memang tidak akan pernah habis diperbincangkan. Pada Posting kali ini saya akan mencoba sedikit berbagi mengenai optimalisasi blog melalui teknik SEO on page dan off page agar blog anda memiliki traffic yang tinggi dan bisa tampil di halaman depan search engine untuk keyword yang anda inginkan. Sebenarnya saya bukan Master SEO, jadi saya mohon maaf buat master SEO yang udah jago, saya membuat tips SEO ini semuanya berdasarkan pengalaman pribadi Blog saya.
SEO on page merupakan tehnik SEO yang langsung anda lakukan di website anda. Hal ini berhubungan dengan judul yang tepat, keyword yang cukup dan tidak berlebihan dan lain sebagainya. Semakin jeli anda melihatnya, maka semakin bagus pula posisi anda di mata search engine. Sedangkan SEO off page adalah link yang anda bangun menuju website anda, bisa dari iklan baris yang berbayar, atau tukeran link dengan blogger lain. Berikut ada beberapa tips SEO dari saya untuk anda
SEO On Page
  • Usahakan keyword anda terfokus pada posting yang anda tulis. Pikirkanlah, kira-kira kalau anda sebagai pengunjung, kata kunci apa yang orang akan tuliskan untuk menemukan tulisan di dalam blog anda.
  • Buatlah content yang sesuai dengan kemampuan anda, dalam artian jangan copy paste dari blog orang lain. Dengan begitu, posting anda akan unik dan akan bernilai tinggi di mata search engine.
  • Gunakan judul yang mengandung keyword anda. Usahakan paling tidak satu keyword yang sesuai dengan judul postingan anda.
  • Gunakan huruf tebal (bold) dan huruf miring (italic) dalam pada keyword dalam posting anda. Namun hati-hati untuk tidak menggunakannya secara berlebihan karena akan dianggap spam oleh search engine.
  • Gunakan ALT untuk image anda. Search engine adalah robot yang tidak bisa membaca gambar. Jadi gunakanlah alternate text untuk memberitahu pada search engine mengenai apa gambar anda.
  • Bangunlah internal link dalam blog anda. Artinya setiap posting anda setidaknya memiliki link untuk menuju ke posting lain. Setelah itu carilah link dari luar, entah itu dari iklan baris, social bookmarking, social networking dan lain sebagainya.
  • Update artikel atau konten secara berkala. Konten adalah segalanya. Jadi walaupun anda sudah melakukan semua teknik SEO namun mengabaikan untuk update konten, maka tidak ada gunanya. Paling ideal kalau anda bisa posting artikel tiap hari, minimal 1 artikel. Namun jika anda sibuk, anda bisa mengupdate setiap 3-4 hari sekali.
SEO Off Page
Berbeda dengan SEO On Page, untuk SEO Off Page, anda membangun external link menuju ke situs anda sebanyak-banyaknya, dengan kata lain anda harus giat berpromosi. Penyebaran link bisa dengan cara promosi di situs-situs sebagai berikut:
a. Social Bookmarking
Bookmarking ke situs social bookmarking, bisa dengan cara manual dan bisa juga dengan cara otomatis. Kalau dengan cara manual anda bisa memilih situs social bookmarking lokal seperti lintasberita.com atau infogue.com yang memiliki traffic tinggi. Sedangkan untuk yang otomatis, anda harus mengeluarkan sedikit dana untuk menyewa pihak yang akan mensubmit web anda secara rutin.
b. Iklan Baris
Ini adalah cara termudah untuk meyebarkan link web/blog anda. Semakin banyak link anda tersebar di internet, maka semakin mudah pula orang menemukan situs anda. Dengan cara ini juga Google akan menganggap situs anda penting sehingga peluang anda untuk masuk ke halaman depan pencarian google semakin besar.
c. Situs Jejaring Sosial
Bila anda memiliki akun di Facebook, updatelah status yang mengandung nama dan link ke blog anda. Dengan begitu, teman anda akan semakin sering melihat nama situs dan ada kemungkinan untuk mengkliknya.
d. Forum
Sekarang banyak forum lokal yang bisa anda manfaatkan untuk sarana berpromosi seperti adsense-id.com, dll. Aktiflah di forum dan sering-seringlah berbagi dengan teman anda mengenai blog anda.
Itulah beberapa tips dari saya yang sudah pernah saya praktekkan dan berhasil untuk beberapa blog saya. Pada dasarnya SEO memiliki prinsip dan cara yang sama. Yang membuatnya berbeda adalah pengalaman anda.
Pada postingan selanjutnya, saya akan mencoba berbagi tools-tools yang harus anda miliki untuk optimalkan blog atau web anda. Selamat Mencoba!

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...