Matematika :

Jul 12, 2011

Host Javascript Alternatif untuk Blogspot

Hingga kini saya masih bingung dengan tidak jalannya slider pada blogspot saya. Saya mencoba untuk mencari-cari penyebabnya dengan mengkaji berbagai info yang ada. Saya menemukan sebuah info di blognya Sheditya, namun saya masih bingung. Ayo rekan-rekan blogger bantu saya.
Berikut info yang dapatkan tersebut.
ada banyak alternatif untuk menangani masalah hosting javascript untuk blogspot.

Yaitu sebagai berikut:
  1. Ada yang memanfaatkan googlesites(saya belum menemukan setinggan yang pas)
  2. Ada yang menggunakan fasilitas free hosting(atau hosting pribadi bila punya)
  3. Ada yang kode javascript-nya di sematkan langsung di dalam edit html
  4. Ada yang pake jasa free javascript hosting.
  5. dan mungkin ada cara2 lainnya.
Nah diatas adalah beberapa cara yang sempat saya temukan saat bertanya dengan om google tercinta. Tapi, coba kita bahas satu persatu dulu kekurangan dan kelebihannya, karena nanti ga mungkin saya contohin semua nya hehe.. selain capek boros tempat juga hehe..OK.

Yang Pertama, memanfaatkan fitur attachment di googlesites. Sebenarnya semenjak googlepages di tutup, saya sudah menggunakan fitur ini,hanya sajaformat file nya tidak boleh .(dot)JS jadi mesti di rename menjadi .(dot)TXT, tetapi ternyata tanpa saya sadari javascript yang saya attach di googlesites hanya bisa saya nikmati sendiri ketika saya login ke akun google saya. Sampai untuk fitur emotikon untuk kotak komentar saya di protes oleh pengunjung, saya baru sadar hehe..itu karena settingan googlesites saya belum di make it public (more action>>manage site>>sharing), tetapi meskipun sempat saya coba set jadi publik tetap saja saya belum menemukan jawaban yang pas dari cara yang ini.(so..masih not recommended hehe..)

Yang Kedua, menggunakan fasilitas freehosting/hostingan pribadi. Nah,, ini awalnya solusi yang mau saya pakai, karena dipastikan bisa jadi solusi dan recommended, tinggal daftar freehosting lalu upload file kita dan tinggal direct link nya. Tapi muncul beberapa kerepotan dan kekurangan nya juga, bila pakai freehosting tentunya banyak kekurangan, pertama,kebanyakan belum terjamin,bagaimana kalo freehosting nya gulung tikar, ada juga(kebanyakan) yangminimal sebulan sekali harus login ke freehosting kita(repot kan klo lupa). Klo pake hostingan pribadi, bisa bahaya juga... bila ada blogger lain yang menggunakan link file kita di blog mereka, tentu memakan bandwidth hostingan pribadikita(sayang kan). So..silahkan pertimbangkan sendiri..

Yang Ketiga, disematkan langsung kedalam Edit HTML blogspot kita. Nah sebenarnya cara ini yang paling gampang dan ga usah repot2 mikirin kekurangan2 seperti yang ada di 2 pilihan diatas hehe..hanya pusing melihat kodingan yang numpuk di Edit HTML blogspot kita. Recommended sekali..

Caranya:



Untuk embed javascript yang saya warnai pada gambar diatas di ganti dengan script seperti gambar di bawah ini:

Lalu isi dari file java script(code) nya di letakkan pada bagian PASTE THE JAVASCRIPT CODE HERE.

Yang Keempat, pakai jasa free javascript hosting. Cara ini kekurangannya hanyalah masih sedikit penyedia free javascript hosting. Namun cara ini yang saya pakai sekarang ini, meskipun masih belum ketahuan seberapa handal penyedia hosting javascript nya hehe.. setelah saya search di google akhirnya ketemu satu freejavascript hosting yang beralamat di yourjavascript.com , namun entah kenapasetiap malam hari tidak dapat diakses dari browser saya(tidak tahu dengan teman2 yang lain) tapi javascript yang saya host disana masih berfungsi.

Caranya:

Siapkan dahulu file javascript anda, kemudian buka website yourjavascript.com.Kemudian upload file javascript kamu, tidak lupa cantumkan email valid, karena direct link nya akan di kirim via email dan masuk ke bagian spam/bulk, jadi segera cek bagian spam/bulk kalian bila di inbox tidak ada.(karena takut akan banyak menggunakan fasilitas ini saya gunakan fungsi filter mail).

Setelah menekan tombol Upload maka akan muncul tulisan processing hingga selesai seperti dibawah ini. Lalu langsung saja buka emali anda untuk mengambil link nya.


Setelah itu tinggal gunakan link javascript anda.

Ya, itulah beberapa alternatif untuk menggunakan javascript di blogspot. Semoga postingan ini berguna buat teman2 blogger lain. 

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...