Matematika :

Jul 24, 2011

Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat laut sangatlah banyak bagi kehidupan manusia. Dengan diciptakannya laut oleh Alloh Yang Maha Pencipta, manusia bisa mengambil manfaat dari sumber daya alam yang ada di dalamnya. Diantara sumber daya alam laut yang paling banyak diambil untuk dimanfaatkan bagi keberlangsungan hidup manusia adalah ikan dengan segala macam jenisnya.

Laut adalah sekumpulan air asin yang menggenangi suatu tempat yang sangat luas. Air di laut terdiri dari campuran 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya, seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Di tempat inilah hidup hewan-hewan air asin dan tumbuh-tumbuhan air asin yang sangat banyak ragamnya. Makhluk hidup yang hidup di laut meliputi jenis ikan, flora laut, kerang dan lain-lain. 

Secara umum, laut bermanfaat sebagai penyerap karbon doksida (CO2). Yang mana gas CO2 inilah yang sangat berperan menciptakan iklim panas di alam dunia ini, atau dengan kata lain sebagai penyebab pemanasan global. Pemanasan global muncul karena gas CO2 semakin banyak yang naik ke atmosfer. Kenaikan gas CO2 itu disebabkan oleh banyaknya pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara dan bahan bakar organik lainnya di bumi. Ini juga berarti laut sangat membantu di dalam mengurangi tingkat keracunan manusia yang disebabkan oleh gas tersebut. 

Bagaimana cara laut menyerap gas CO2? Di laut itu ada fitoplankton (alga) yang membutuhkan karbon dari gas CO2 untuk ia berfotosintesis. Gas CO2 ini mereka serap dari atmosfer. Dengannya, plankton bisa melangsungkan kehidupannya. Plankton kemudian menjadi makanan bagi ikan-ikan di laut. Dan ikan-ikan ini yang akan dikonsumsi oleh manusia. Binatang bercangkang seperti kerang juga menyerap karbon untuk membuat cangkang mereka, sehingga kehidupan binatang bercangkang ini bisa bertahan dengan baik di habitatnya (di laut). Inilah suatu mata rantai kehidupan di laut yang begitu menakjubkan, yang begitu besar manfaatnya bagi manusia.


No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

Post a Comment

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...