Matematika :

Jul 5, 2011

NGI Mobile versi 2

Bermula dari sekitar satu tahun yang lalu, National Geographic Indonesia (NGI) membuat situs mobile melalui alamat m.nationalgeographic.co.id (NGI mobile) dengan tujuan untuk memperluas kanal akses terhadap informasi dan pengetahuan kepada khalayak.
Pada versi pertama, aplikasi NGI mobile cenderung bersifat satu arah melalui serangkaian berita ilmu pengetahuan yang dihadirkan kepada pembaca. Kini, pada versi terbaru, NGI mencoba memperbaiki serta menambahkan fitur baru untuk melengkapi kekurangan pada versi sebelumnya.
Bila kita masuk ke halaman beranda NGI mobile versi terakhir, maka kita akan menemukan perbedaan yang jelas dengan versi sebelumnya. Di versi terbaru, NGI menghadirkan lima berita terakhir dengan gambar pratinjau (bila ada), lima berita yang dikomentari terakhir, dan satu twit dari akun twitter NGI. Di tiap halamannya, tombol navigasi berada di tengah dalam ukuran yang besar, sehingga pembaca lebih leluasa untuk berpindah halaman.
Beranjak ke halaman berita, setelah kita pilih salah satu berita, maka selain rincian berita akan muncul juga daftar komentar pembaca dan lima berita terkait. Berita terkait merupakan hasil kueri terhadap tags berita, sedangkan komentar merupakan hasil kiriman pembaca melalui halaman web versi penuh. Berita baiknya, fitur berita terkait ini meskipun belum muncul pada web versi penuh namun sudah muncul pada versi mobile. Sayangnya, pada versi mobile, pembaca tidak dapat mengomentari berita karena keterbatasan teknis perangkat sistem mobile.
Pada bagian atas di tiap halaman, kita dapat melihat satu bidang isian penelusuran. Kelebihan fitur penelusuran tersebut adalah konsep "3 in 1", di mana tiap 1 kueri penelusuran akan menghasilkan 3 kueri hasil pencarian: berita, sajian utama, dan forum NGI online (forum online). Lagi-lagi, sebuah fitur yang tak hanya baru melainkan mendahului induk websitenya.
Fitur yang paling membedakan dari versi sebelumnya, NGI mobile menghadirkan fitur forum NGI online mobile (forum mobile), Sebuah fitur yang sudah sejak lama diharapkan muncul melengkapi fitur forum online yang sudah lebih dulu hadir sekitar dua tahun lalu.
Keunikan forum mobile ini adalah aplikasinya yang cukup ringan namun interaktif. Pengembangannya sendiri dilakukan secara third-party (bukan besutan resmi aplikasi forum online) sehingga memang terdapat perbedaan mekanisme penggunaan. Meski tidak semua fitur forum online belum seluruhnya hadir dalam forum mobile, namun beberapa fitur utama lebih dahulu dimunculkan sebagai standar interaksi forum: login forum, topik terbaru, topik terupdate, quotereply, dan profil. Beberapa fitur yang belum bisa dihadirkan adalah PM, dan konfigurasi. Semoga fitur forum mobile segera sempurna.
Khusus bagi pengguna blackberry dan android, Anda dapat mengunduh browser launcher-nya melalui halaman:

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...