Matematika :

Jul 14, 2011

Suvenir ’Hijau’

Isu global warming makin marak dan kita juga merasakan bumi makin panas. Polutan di mana-mana sehingga mengancam kemampuan atmosfer bumi untuk menjaga suhu di bumi tetap hangat. Apa yang bisa kita lakukan? Setidaknya kita bisa berusaha membuat hijau bumi ini, walaupun dengan hal-hal kecil, agar bisa mengurangi polutan dengan tanaman. 

Tak ada salahnya juga kalau kita sebisa mungkin menggantikan produk-produk yang kita gunakan dengan produk-produk ramah lingkungan. Tanaman hias mini adalah salah satunya.

Beragam tanaman hias dengan warna-warni bunga dan daun yang sangat bervariasi, menjadi daya tarik tersendiri. Suvenir ini akan terlihat eksklusif, selain juga kita mengajak banyak orang untuk mencintai bumi lewat tanaman. 

JENIS TANAMAN 

1 Kuping gajah (Anthurium crysstallinum)
Tanaman dari keluarga Anthurium ini tidak menyukai sinar matahari langsung. Media tanamnya pun harus sering disiram agar tanaman tidak cepat layu dan kering.

2 Kalandiva (Calancoe)
Dikenal dengan nama cocor bebek. Warna bunganya kuning, merah tua, oranye, dan pink. Bunganya ada yang bertumpuk dan ada juga yang tunggal. Daunnya yang bulat dan tebal bisa menyimpan cadangan air dalam jumlah banyak sehingga tahan tidak disiram selama beberapa hari. 

3 Lipstik (Aeschynanthus radicans)
Tanaman ini cukup menarik dengan warna daun dan bunganya yang merah cerah atau pink.

4 Hipoestes (Hypoestes polythyrsa)
Tanaman perdu yang bisa diperbanyak dengan setek batang. Warna daunnya yang hijau, merah tua, dan pink tampil cantik dengan kombinasi bintik merah muda, merah tua, putih, dan ungu. Sebaiknya disiram tiap hari supaya tidak cepat layu. 

5 Miana (Coleus hybrid)
Kombinasi warna daunnya kontras. Di antaranya merah, ungu, kekuningan, kehitaman, perak, dan pink. Daunnya ada yang berbentuk oval dengan tepi bergerigi, ada juga yang tepinya keri­ting. 

6 Cryptanthus (Cryptanthus sp.)
Dikenal dengan sebutan earth stars atau starfish plant karena bentuk daunnya yang mirip bintang dengan tepi daun bergerigi atau bergelombang. Warna daunnya beragam, dengan kombinasi warna yang mencolok. Merupakan jenis tanaman indoor yang tahan cuaca panas maupun basah dan menyukai suasana teduh. 

7 Jengger ayam 
(Celosia cristata)
Tanaman ini mempunyai bunga dengan bentuk seper­ti jengger ayam. Bunganya berwarna merah, ungu, oranye, dan ku­ning yang tahan hingga beberapa minggu. Bila media tanamnya kering, tanamannya akan cepat layu. 

8 Peplan (Pellionia sp.)
Cocok diletakkan di dalam rumah atau digantung di tempat teduh karena tanaman ini tidak menyukai sinar matahari langsung. Ada dua jenis peplan, yaitu Watermelon pellionia yang berdaun hijau pucat de­ngan tepi daun hijau perunggu, dan Satin pellionia dengan bagian bawah daun yang berwarna ungu.

Tip
Jika hendak diberikan sebagai suvenir, kemas tanaman dengan menarik. Cantumkan juga cara perawatannya, sehingga tanaman tetap hidup hingga lama. 


[Dari femina 41 / 2009]

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...