Matematika :

Aug 29, 2011

EKSPEDISI AMAZON MENEMUKAN SPESIES MONYET JENIS BARU

Sebuah spesies baru yang menyerupai monyet telah ditemukan selama ekspedisi pada daerah yang belum terjamah di Amazon wilayah pertengahan-barat Brasil.
Dari sebuah spesimen, para ilmuwan menyimpulkan bahwa spesies tersebut adalah  jenis Callicebus, atau monyet titi, dan temuan tersebut telah diserahkan kepada para ahli di Museum Emilio Goeldi  di negara bagian Para di Brasil, di mana ia akan dipelajari dan dijelaskan secara resmi. 
"Primata ini memiliki fitur di atas kepalanya dan ekor yang belum pernah diamati sebelumnya pada monyet titi spesies lain yang pernah ditemukan di daerah yang sama, "kata Julio Dalpone, ahli biologi yang menemukan monyet selama ekspedisi yang didukung oleh World Wide Fund for Nature tersebut.
Ekspedisi tersebut menemukan spesies monyet spesies baru tersebut antara Sungai Guariba dan Sungai Roosevelt di bagian barat laut negara bagian Mato Grosso, Brasil.
Ekspedisi 20 hari yang dilakukan pada bulan Desember 2010 tersebut mengekplorasi empat daerah  dilindungi dari Guariba hingga Roosevelt, Tucumã State Park dan Sungai Roosevelt dan Sungai Madeirinha. Hal itu dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi dalam rangka meningkatkan pengelolaan daerah-daerah.
Tim menemukan 48 spesies mamalia, termasuk armadillos, trenggiling, rusa dan monyet, serta 313 spesies burung, termasuk beberapa yang sebelumnya hanya terlihat di negara-negara Amerika Selatan lainnya. Survei mereka juga menemukan spesies ikan spesies baru, termasuk ikan lele, kecil, tetra berwarna cerah, dan ikan yang sangat kecil dikenal secara lokal sebagai 'piaus.
Mereka juga menemukan spesies yang terancam, termasuk trenggiling raksasa, armadillo raksasa, berang-berang raksasa, jaguar dan Ocelot.
Sumber : livescience.com

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...