Matematika :

Aug 25, 2011

Tas Plastik untuk Daur Ulang Kehidupan

Kantong plastik itu kadang gak terlalu kita peduliin, makanya kita sering kaget waktu ngebuka lemari, tau-tau banyak kantong plastik berguguran. Kantong plastik itu emang ngebantu bawain barang dari toko, tapi dia nyampahin dan berbahaya juga buat kehidupan laut. Jadi kita gembira saat umat manusia menemukan alternatif: kantong daur ulang. Bukannya membuang miliaran kantong plastik tiap tahun, konsumen cukup membeli tas belanja anyaman plastik. Tas ini bisa dicuci dan dipakai lagi ratusan kali dan pembelanja bisa pergi pulang membawa tas gituan. Kantong plastik akan lenyap, lingkungan akan jauh lebih baik. Ya nggak?
Dia dibuat di China, dikapalkan ribuan mil ke seberang lautan, dibuat dari plastik dan perlu waktu bertahun-tahun untuk meluruh. Ia juga diharapkan menjadi pelarian kita dari sampah: tas belanja yang dapat dipakai lagi.
Ternyata, studi dinas lingkungan AS menemukan kalau kantong plastik atau HDPE (High density Polythene) yang kita peroleh dari belanja, yang hanya sekali pakai itu, hampir 200 kali lebih ramah lingkungan daripada tas belanja yang dikampanyekan ahli lingkungan, dan memiliki kurang dari sepertiga emisi CO2 daripada kantong kertas.
Di AS, supermarket kadang memberi potongan pada pelanggan jika mereka membawa sendiri kantong mereka dari rumah. Trend ini membuat penggunaan kantong plastik biasa menurun dan tas belanja plastik anyaman murah meriah meningkat. Tapi parahnya, hanya 10% pelanggan yang secara teratur membawa tas belanja anyaman pastiknya saat belanja kembali dan 60% bahkan mengaku tidak pernah sekalipun dua kali membawa tas belanja anyaman plastik yang sama saat belanja. Begitu pulang, tas itu diperlakukan sama dengan kantong plastik biasa. Dan karena tas tersebut 200 kali lebih boros CO2(karena proses produksi yang lebih lama dan proses peluruhan yang juga lebih lama di tempat sampah) maka tujuan awalnya untuk menurunkan pemanasan global justru berbalik menjadi ikut menambah parahnya pemanasan global.
Ironis yah?
Referensi
Associated Press. 1 February 2011. Some Grocers Abandon Rebates for Reusable Bags.
Cracked. http://www.cracked.com/article_19123_6-socially-conscious-actions-that-only-look-like-they-help_p2.html#ixzz1IBIWwqQJ
Gamerman, E. An Inconvenient Bag.
Hickman, M. 20 February 2011. Plastic Fantastic! Carrier Bags ‘Not Eco-Villains After All’
Ram, R.S. 4 February 2010. Reusable Bags are an Environmental Solution – Not a Problem. The Guardian

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...