Matematika :

Nov 10, 2011

Ujian Kompetensi Tulis Belum Diketahui Guru

Semarang, CyberNews. Ujian kompetensi tulis sebagai salah satu faktor perubahan sistem sertifikasi pada jalur pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) belum banyak diketahui oleh guru. Para pendidik yang akan mengikuti sertifikasi melalui jalur PLPG pada 2012 mendatang mengharapkan sosialisasi atau informasi terkait perubahan tersebut baik dari dinas pendidikan, LPTK, maupun organisasi profesi guru.

Ujian kompetensi tulis untuk jalur PLPG yang akan menguji kemampuan atau kompetensi profesional dan pedagogik ini dilaksanakan pada bulan Februari 2012 mendatang, sementara proses sertifikasi dilakukan Mei hingga Agustus 2012. Akan tetapi, menurut pengakuan sejumlah guru yang akan menjadi peserta sertifikasi mereka belum mengetahui informasi mengenai ujian kompetensi tersebut.

Dwi Indarwati (34) mengaku, dirinya belum mendapat informasi tentang ujian kompetensi tulis tersebut. Sebab, hingga saat ini dia hanya mempersiapkan untuk proses PLPG saja.

"Untuk proses PLPG saya menyiapkan tentang bagaimana membuat silabus, rencana praktek pembelajaran, dan penelitian tindakan kelas. Namun, kalau soal ujian tulis saya tidak tahu," ungkap guru SMP Filial 23 Wonoplumbon Semarang ini.

Dwi yang telah mengabdi sebagai pendidik sejak 2001 ini sudah mencari tahu melalui website, tapi syarat atau ketentuan mengenai ujian tulis belum ada. "Dengan waktu yang sangat mepet ini, seharusnya kebijakan tersebut sudah disampaikan kepada calon peserta sertifikasi. Caranya bisa melalui website atau dinas pendidikan dapat memberi tahukan secara tertulis," tutur guru Matematika ini.

Akan tetapi, Dwi menyarankan lebih baik diinformasikan secara tertulis, mengingat tidak semua guru calon peserta sertifikasi 2012 yang akan melaksanakan ujian tulis berada di sekolah tengah kota. Pasalnya, di sekolah filial di mana dia mengabdi akses untuk internet sangat sulit sekali, sehingga surat atau informasi tertulis akan lebih efektif.

Setali tiga uang dengan Dwi, Irno Prakosa (30) juga menyampaikan, persiapan mengikuti sertifikasi PLPG sudah dilakukannya. Namun, informasi tentang ujian tulis baru diketahui beberapa hari yang lalu melalui media massa.

"Saya tahu informasi akan ada ujian tulis sebelum PLPG dari kawan dan membaca koran. Akan tetapi, setelah saya cek di LPTK info, syarat, atau ketentuan itu belum ada. Hal ini tentu saja membingungkan, mengingat waktu PLPG 2012 sebentar lagi," kata guru IT SMA 7 Semarang ini.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...