Matematika :

Dec 15, 2011

Mengenal Negara Maju : INGGRIS


Inggris adalah salah satu negara industri yang berpengaruh di dunia.

a.      Letak dan Batas
Inggris merupakan negara kepulauan yang terletak di Dangkalan Eropa dan merupakan kepulauan kontinental.

Secara geografis terletak di antara dua benua yaitu Benua Eropa di bagian timur dan Benua Amerika di bagian barat serta antara Samudra Atlantik dengan Laut Utara sehingga posisi Inggris sangat strategis baik secara ekonomi dan politik.

Secara astronomis wilayah negara Inggris terletak 49oLU- 61oLU dan 2oBT-10oBB. Inggris dilewati garis bujur nol derajat yang melewati Kota Greenwich dan dijadikan sebagai pedoman waktu internasional, sekaligus sebagai garis batas yang memisahkan wilayah bujur barat dan wilayah bujur timur.

Batas-batas wilayah negaranya antara lain:
sebelah utara                    : Samudra Atlantik dan Laut Norwegia
sebelah timur                   : Laut Utara
sebelah selatan        : Selat Channel (Selat Inggris)
sebelah barat                    : Samudra Atlantik.

b.     Keadaan Alam
Negara Inggris terletak pada dua pulau besar yaitu Irlandia dan Britania. Selain itu juga ada pulau-pulau kecil di sekitarnya. Wilayahnya terdiri atas empat negara bagian yaitu England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Keadaan alam Inggris secara garis besar dibedakan menjadi dua bagian sebagai berikut.

1) Bagian timur dan selatan
Di wilayah ini merupakan dataran rendah dengan Kota London sebagai pusatnya. Di tengah Kota London mengalir Sungai Thames yang merupakan sungai terbesar di Inggris di sepanjang daerah pantai bagian timur banyak dijumpai teluk antara lain Teluk Liverpool, Teluk Humber, Teluk Serevu.

2) Bagian barat dan utara
Daerah ini berupa daratan tinggi bergelombang dan sebagian besar pegunungan. Pegunungannya meliputi Skotlandia dan Wales, puncak tertinggi adalah Gunung Ben Neevis (1.343 m). Pegunungan lainnya adalah Pegunungan Pennine dan Pegunungan Cornwall.

Iklim yang berlaku di Inggris adalah iklim laut sedang yang dipengaruhi oleh angin barat dan arus laut Gulfstream yang bersifat panas. Angin barat yang berasal dari Samudra Atlantik menyebabkan Inggris mempunyai curah hujan yang tinggi rata-rata 1000 mm per tahun.
Adapun arus teluk (gulfstream) yang bersifat panas sangat menguntungkan Inggris karena di musim dingin udaranya tidak terlalu dingin dan di musim panas bersifat hangat. Adanya pengaruh arus panas inilah pelabuhanpelabuhan
di Inggris tidak mengalami pembekuan sehingga sangat membantu dalam pelayaran.

c. Keadaan Penduduk
Berdasarkan ciri fisiknya mayoritas penduduk Inggris termasuk suku bangsa Nordik. Secara umum penduduk Inggris dikelompokkan menjadi dua yaitu suku bangsa Kelt, yang meliputi orang Irladia, Wales, Skodlandia dan penduduk bangsa Jerman meliputi orang Anglosaxon, Jute, Norman. Mayoritas penduduknya beragama Kristen. Agama lainnya yaitu Katholik Roma, Anglikan, Islam, Yahudi, dan Hindu.

e. Kegiatan Ekonomi
Sektor-sektor pendukung perekonomian Inggris antara lain pertanian yang dilakukan di daerah sekitar London, Lanchashire, Chrishire, Bed Fordshire dan Skotlandia. Hasil pertaniannya gandum, kentang, buah-buahan, sayuran, dan haver.

Peternakannya cukup maju karena didukung oleh iklim yang cocok untuk usaha peternakan, banyak padang rumput dan adanya industri yang mendukung sektor peternakan seperti industri pakan ternak dan obat-obatan. Binatang ternak yang dipelihara lembu, biri-biri, babi, dan ayam.

Pusat perikanannya terdapat di perairan sekitar Grimsbi, Aberdeen, dan Wick. Inggris merupakan salah satu negara di Eropa yang industri perikanannya sangat maju. Inggris merupakan penghasil terbesar ketiga batu bara di dunia setelah Amerika Serikat dan Rusia. Daerah pertambangannya terdapat di Wales, Skotlandia, Pegunungan Peak dan Peannine. Tambang bijih besi terdapat di daerah Cornwall, Cleveland. Tembaga dan timah di Coundall, minyak bumi di sekitar Laut Utara.

f. Perindustrian
Setelah revolusi industri yang berlangsung di Eropa dengan ditemukannya mesin-mesin uap, perkembangan industri Inggris termasuk cepat. Saat ini Inggris merupakan negara industri yang paling maju di Eropa setelah Jerman. Pusat industri Inggris terdapat di Kota Birmingham dan Sheffield sehingga mendapat julukan The Black Country atau kawasan hitam akibat tingginya tingkat polusi yang diakibatkan banyaknya pabrik-pabrik yang mengeluarkan asap. Hujan asam sering terjadi di kawasan ini karena campuran antara hujan dengan asap pabrik.

Hasil-hasil industri Inggris antara lain sebagai berikut.
1) Industri kapas terdapat di Manchester dan Liverpool.
2) Industri peleburan bijih besi terdapat di Middlebrough, New Castel, Wellington.
3) Industri baja terdapat di Sheffield, Yorkshire, Middlebrough.
4) Industri tekstil terutama berpusat di Landcastere.
5) Industri galangan kapal terdapat di Glasgow, Greenoch, Peasly, New Castel.
6) Industri pesawat terbang dan mobil di London, Oxford, Birmingham.
7) Industri kain wol terdapat di Leeds, Broofferd.

Jenis industri lainnya antara lain elektronika, lokomotif, industri kimia, dan yute.

2 comments:

  1. Mudah mudahan trenggalek menjadi negara yang maju secara ekonomi

    ReplyDelete
  2. Mudah-mudahan Kabupaten trenggalek kelak menjadi daerah yang maju, gemahripah loh jinawi

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...