Matematika :

Dec 15, 2011

Mengenal Negara Maju : Prancis


Prancis merupakan negara terluas di Benua Eropa. Dengan luas 543.965 km2, negara ini memiliki perekonomian yang kuat dengan didukung oleh industri dan pertanian yang maju.

a. Keadaan Alam
Letak astronomis Prancis adalah 42oLU–51oLU dan 5oBB–9oBT. Adapun batas negara ini adalah di sebelah barat berbatasan dengan negara Jerman, Swiss, dan Italia. Di sebelah utara berbatasan dengan Selat Inggris dan Belgia. Adapun di selatan berbatasan dengan Laut Mediterania dan negara Spanyol.

Sebagai negara terluas di Benua Eropa, tentu saja keadaan fisik Prancis sangat bervariasi.

Keadaan alam Prancis secara garis besar dikelompokkan menjadi tiga bagian sebagai berikut.
1) Dataran rendah
Dataran rendahnya yang luas terletak di bagian barat dan dialiri oleh sungai-sungai besar sehingga sangat cocok untuk pertanian. Sungai utamanya antara lain Sungai Rhein merupakan sungai terpenting di Eropa yang bermuara ke Laut Utara, Sungai Loire, Sungai Seine, Sungai Garonne bermuara ke Samudra Atlantik, dan Sungai Rhone bermuara ke Laut Tengah.
2) Dataran tinggi tengah
Dataran tingginya banyak dijumpai di bagian tengah, ke arah timur terdapat rangkaian pegunungan yang dijadikan batas dengan negara-negara tetangga di bagian timur, yaitu Pegunungan Vosges menjadi batas dengan Jerman, Pegunungan Yura menjadi batas dengan Swiss, dan Pegunungan Alpen menjadi batas dengan Italia. Pada Pegunungan Alpen terdapat puncak tertinggi Prancis yaitu Gunung Blanc (4.808 m).
3) Pegunungan bagian selatan
Di bagian selatan terdapat pegunungan yang menjadi batas alam antara Prancis dengan Spanyol yaitu Pegunungan Pyrenes.

Keadaan iklim Prancis terdiri atas tiga bagian yaitu iklim laut yang terletak di bagian utara dan barat dipengaruhi oleh angin barat dari Samudra Atlantik. Iklim kontinental atau daratan terdapat di bagian tengah dan timur Prancis. Iklim yang ketiga adalah iklim mediteran terletak di sepanjang Laut Tengah.

b. Keadaan Penduduk
Prancis terkenal dengan sejarah revolusinya yang terkenal dengan Revolusi Prancis. Pemerintahan negara ini berbentuk republik dengan kepala negara presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri. Ibu kota dan pusat kegiatan pemerintahannya adalah Kota Paris.

Penduduk Prancis adalah orang Prancis dan beberapa etnis lain yang merupakan imigran dari Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia. Bahasa persatuannya adalah bahasa Prancis. Penduduk Prancis sebagian besar penganut agama Katolik Roma, sisanya menganut agama Islam, Protestan, dan Yahudi.

c. Kegiatan Ekonomi
Prancis merupakan salah satu kekuatan ekonomi dunia.
Perekonomiannya didukung oleh sektor-sektor sebagai berikut.
1) Pertanian
Sektor pertaniannya dikelola secara intensif dan didukung peralatan dan mesin-mesin yang modern. Kondisi iklimnya mendukung untuk usaha pertanian.
Prancis merupakan produsen anggur yang terbesar di dunia, daerahnya terdapat di Champagne dan Lembah Sungai Loire. Hasil tanaman lainnya yaitu gandum, bit gula, padi, dan buah-buahan.
2) Peternakan
Binatang ternak yang dipelihara oleh penduduk Prancis antara lain lembu, biri-biri, dan babi. Daerah peternakannya terdapat di Convensus. Hasil peternakannya meliputi mentega, susu (ketiga di dunia), keju, dan daging (keempat dunia).
3) Pertambangan
Hasil tambang utamanya adalah bijih besi di Lorraine dan batubara di Saar. Hasil tambang lainnya bauksit, timah, minyak bumi, gas alam, dan garam.
4) Perindustrian
Industri Prancis cukup maju karena didukung oleh hasil tambang dan teknologinya yang sudah maju. Hasil-hasil industrinya antara lain pesawat terbang di Paris dan Toulouse, kapal di Marseille, besi baja, mobil, tekstil, dan elektronika di kota-kota besar Prancis.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

Post a Comment

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...