Matematika :

Jan 16, 2012

Ditemukan Molekul Baru yang Dapat Mengurangi Pemanasan Glogal


Sebuah molekul baru telah terdeteksi di atmosfer bumi yang dapat membantu menghasilkan efek pendinginan, demikian diungkapkan para ilmuwan. Tetapi masih harus diteliti lebih lanjut apakah molekul tersebut dapat memainkan peran utama dalam menangani masalah pemanasan global.

Molekul tersebut dapat mengkonversi polutan, seperti nitrogen dioksida dan sulfur dioksida, menjadi senyawa yang dapat menyebabkan pembentukan awan, membantu untuk melindungi bumi dari matahari, kata para peneliti.

Selama seabad yang lalu, suhu rata-rata bumi telah naik 0,8 derajat Celcius. Para ilmuwan mengatakan peningkatan tersebut harus dibatasi hingga di bawah dua derajat Celcius abad ini untuk mencegah naiknya permukaan laut dan konsekuensi yang tidak diinginkan lainnya.

Tapi beberapa strategi dalam membatasi pemanasan, seperti penggunaan energi energi alternatif dan efisiensi energi, tidak memberikan hasil cukup cepat.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Science, peneliti dari University of Manchester and Bristol, dan U.S.-based Sandia National Laboratories mendeteksi suatu molekul baru, yang disebut Criegee biradicals, dengan menggunakan sumber cahaya yang sangat kuat, yaitu 100 juta kali lebih kuat dari matahari.

"Kami menemukan Criegee biradicals bisa mengoksidasi sulfur dioksida, yang akhirnya berubah menjadi asam sulfat, yang memiliki efek pendinginan yang sangat terkenal," kata Carl Percival, salah satu peneliti dan pengamat kimia atmosfer dari Universitas Manchester, Reuters.

Namun, terlalu dini untuk memprediksi berapa banyak molekul harus dibentuk untuk membuat dampak yang besar pada suhu dunia dan aspek keselamatannya pun masih harus diuji.

Efek dari pembentukan awan pada iklim juga masih jauh dari pemahaman.

Pendinginan Bumi
Ketika Gunung Pinatubo di Filipina meletus pada tahun 1991, turut pula tersebar sejumlah besar sulfur dioksida, yang membentuk kabut asam sulfat. Hal ini mengurangi jumlah sinar matahari yang mampu mencapai bumi sekitar 10 persen, menurunkan suhu global sekitar 0,5 derajat Celcius selama dua tahun.

Namun, konsentrasi sulfur dioksida yang tinggi disuntikkan ke atmosfer oleh ledakan besar juga dapat menyebabkan penyakit paru-paru, hujan asam, dan penipisan lapisan ozon pelindung bumi.

"Para biradicals sendiri tidak calon geo-engineering," kata Percival, mengacu pada cara-cara radikal mendinginkan planet ke bawah, seperti gunung berapi buatan atau pemutih awan untuk membuat mereka memantulkan sinar matahari lebih banyak.

Molekul-molekul yang terdeteksi oleh tim peneliti tersebut terjadi secara alami di hadapan alkena, senyawa kimia yang sebagian besar dilepaskan oleh tanaman.

"Tanaman akan merilis senyawa ini, membuat biradicals dan akhirnya membuat asam sulfat, sehingga dalam efek ekosistem dapat meniadakan efek pemanasan dengan memproduksi aerosol pendinginan," kata Percival.

Efek pendinginan terbesar dapat berpotensi dirasakan di daerah dimana terdapat konsentrasi tinggi dari kedua alkena dan polutan, yang memungkinkan biradicals untuk bereaksi.

"(Efeknya) benar-benar akan mengurangi area hot-spot seperti Hong Kong atau Singapura," kata Percival. (Reuters)

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...