No
|
Komponen
|
Sub Komponen
|
Indikator
Esensial
|
1
|
Teknik,
mekanisme dan prosedur penilaian
|
1.1. Teknik-teknik
penilaian
|
1.1.1.Guru membuat rancangan penilaian
yang menggunakan berbagai teknik penilaian,
missal tes untuk prestasi belajar, pengamatan untuk perilaku, lembar penilaian untuk
proses pencapaian kompetensi
|
|
|
1.2. Prosedur penillaian
|
1.2.1.Guru
menyusun instrumen
yang memenuhi syarat substansi,
konstruksi, dan bahasa
|
|
|
|
1.2.2.Satuan
pendidikan melakukan validitas
empiric terhadap instrument penilaian
|
|
|
|
1.2.3. Satuan pendidikan memiliki instrumen
yang berkualitas
|
2
|
Pelaksanaan penilaian
|
2.1. Penilaian oleh pendidik
|
2.1.1. Siswa menerima informasi hasil ulangan harian
|
|
|
|
2.1.2.Guru menyampaikan hasil penilaian akhir kepada peserta didik dalam bentuk satu nilai disertai deskripsi
|
|
|
|
2.1.3.Guru memberikan remidi pada siswa yang belum mencapai KKM
|
|
|
|
2.1.4.Guru
menggunakan berbagai teknik penilaian untuk menilai hasil belajar kognitif,
keterampilan, dan afektif
|
|
|
|
2.1.5.Guru
menggunakan berbagai teknik untuk menilai hasil belajar kognitif siswa
|
|
|
|
2.1.7.Guru
mengolah/ menganalisis hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar siswa
|
|
|
|
2.1.8.
Guru memanfaatkanhasilpenilaian
|
|
|
|
2.1.9.Setiap akhir
semester, guru melaporkan hasil penilaian
|
|
|
|
2.1.10.Guru
melaporkan hasil penilaian akhlak kepada
guru agama
|
|
|
|
2.1.11.Guru
melaporkan hasil penilaian kepribadian kepada
guru PKN
|
|
|
2.2.
Penilaian oleh sekolah
|
2.2.1. Satuan pendidikan mengadakan rapat dewan
guru untuk menentukan nilai akhir peser tadidik
(termasuk kenaikan kelas dan kelulusan)
|
|
|
|
2.2.2.Satuan
pendidikan melaksanakan: criteria kenaikan kelas, KKM
|
|
|
|
2.2.3.
Satuan pendidikan melaporkan hasil penilaian setiap akhir semester kepada semua orang tua/wali siswa.
|
|
|
2.3.
Penilaian oleh Pemerintah
|
2.3.1.Satuan
pendidikan memanfatkan hasil
UN untuk seleksi masuk,
|
|
|
|
2.3.2. Satuan pendidikan memiliki
rata-rata UN setinggi UN
SSN
|
|
|
|
2.3.3. Satuan pendidikan memanfaatkan hasil analisis daya serap
|
3
|
Pemantauan penilaian
yang berkualitas dan tindaklanjutnya
|
3.1.Pemantauan
penilaian yang berkualitas
|
3.1.1.Pemantauan terahadap kualitas soal
|
|
|
|
3.1.2.Pemantauan terhadap pelaksanaan ujian
|
Jun 26, 2012
INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA JENJANG SD/MI - STANDAR PENILAIAN
Label: Pendidikan
Pendidikan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini