No
|
Komponen
|
Sub Komponen
|
Indikator
Esensial
|
1
|
Perencanaan Program
|
1.1 Sosialisasi
visi, misi dan tujuan sekolah
|
1.1.1 Sosialisasi
visi, misi dan tujuan sekolah dilakukan kepada semua warga sekolah.
|
|
|
|
1.1.2 Warga
sekolah memahami visi, misi dan tujuan
sekolah
|
|
|
|
1.1.3 Sosialisasi
KTSP sekolah dilakukan kepada semua warga sekolah
|
|
|
1.2 Kepemilikan rencana kerja sekolah
|
1.2.1 Sekolah
memiliki dokumen rencana kerja sekolah dalam bentuk RKS (Rencana Kerja
Sekolah 4-tahunan) dan RKA-S (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) atau
rencana kerja tahunan)
|
|
|
|
1.2.2 Penyusunan
rencana kerja sekolah (RKS) memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah,
disetujui oleh Dewan Pendidik, dan disahkan berlakunya oleh Dinas Pendidikan
kab/kota atau oleh penyelenggara sekolah bagi sekolah swasta
|
|
|
|
1.2.3 Rencana
kerja sekolah mendukung pengembangan karir guru
|
|
|
1.3 Program peningkatan mutu sekolah
|
1.3.1 Sekolah
melaksanakan program peningkatan mutu
sekolah
|
|
|
|
1.3.2 Penyusunan
program peningkatan mutu sekolah mendasarkan pada: hasil evaluasi diri, hasil
akreditasi sekolah, dan hasil kelulusan siswa.
|
2
|
Pelaksanaan Rencana
Kerja
|
2.1 Realisasi visi dan misi ke dalam rencana
kerja sekolah
|
2.1.1 Sekolah
merealisasikan visi dan misi ke dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran,
pengelolaan PTK, dan Pelaksanaan kegiatan kesiswaan.
|
|
|
2.2 Sekolah menyusun pedoman pengelolaan
sekolah
|
2.2.1 Sekolah menyusun pedoman-pedoman pengelolaan sekolah
|
|
|
2.3 Sekolah menciptakan lingkungan yg
kondusif untuk kegiatan pembelajaran
|
2.3.1 Budaya dan
lingkungan sekolah kondusif untuk pembelajaran.
|
|
|
2.4 Sekolah
menyediakan akses laporan pengelolaan keuangan sekolah
secara transparan dan akuntabel
|
2.4.1 Warga
sekolah dapat mengakses laporan pengelolaan
keuangan sekolah secara transparan dan akuntabel
|
|
|
2.5 Sekolah menjalin kemitraan dengan lembaga lain
|
2.5.1 Sekolah
menjalin kemitraan dengan lembaga lain untuk mendukung implementasi rencana kerja sekolah
|
3
|
Pengawasan dan Evaluasi
|
3.1 Sekolah
melakukan evaluasi rencana kerja sekolah 2 kali setahun
|
3.1.1 Sekolah
melakukan evaluasi rencana kerja sekolah minimal 1 kali per tahun
|
|
|
|
3.1.2 Program
supervisi dan evaluasi meliputi:
pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut
|
|
|
3.2 Sekolah
melakukan sosialisasi hasil
pelaksanaan program sekolah
|
3.2.1 Sekolah
mensosialisasikan laporan hasil pelaksanaan program sekolah
|
|
|
|
3.2.2 Sekolah
melakukan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program/kegiatan sekolah.
|
|
|
3.3 Kepala sekolah
melakukan evaluasi pendayagunaan pendidik
|
3.3.1 Sekolah
melakukan evaluasi pendayagunaan pendidik pada setiap akhir semester
|
|
|
|
3.3.2 Sekolah
melakukan evaluasi pendayagunaan tenaga kependidikan pada setiap akhir
semester
|
|
|
3.4 Sekolah sudah
melakukan akreditasi sesuai dengan peraturan yang berlaku
|
3.4.1 Sekolah
mengikuti akreditasi oleh BAN-SM untuk menentukan status akreditasi sekolah
|
|
|
3.5 Pelibatan
/Partisipasi Warga sekolah
|
3.5.1 Guru
dilibatkan dalam perumusan visi, misi dan tujuan, serta penyusunan rencana
kerja sekolah.
|
|
|
3.6 Kepala sekolah
menerapkan kepemimpinan yang efektif
|
3.6.1 Sesuai
kompetensinya kepala sekolah dapat dijadikan teladan bagi semua warga sekolah
|
|
|
|
3.6.2 Kepemimpinan
sekolah mampu menerapkan cirri-ciri kepemimpinan yang efektif.
|
4
|
Sistem informasi manajemen
|
4.1 Sekolah menerapkan sistem informasi manajemen yang mudah diakses olehwarga sekolah
|
4.1.1 Warga
sekolah, mudah mengakses informasi dan pengaduan terkait dengan pengelolaan
sekolah.
|
Jun 26, 2012
INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA JENJANG SD/MI - STANDAR PENGELOLAAN
Label: Pendidikan
Pendidikan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini