Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa
objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi
individu terhadap objek tersebut (Crites, 1969 : 29). Di samping itu, minat
juga merupakan kemampuan untuk memberikan stimulus yang mendorong seseorang
untuk memperhatikan aktivitas yang
dilakukan berdasarkan pengalaman yang sebenarnya (Crow and Crow , 1984 :248).
Berdasarkan kedua penegertian tersebut, minat merupakan kemampuan seseorang
untuk memberikan perhatian terhadap suatu objek yang disertai dengan rasa
senang dan dilakukan penuh kesadaran.
Peserta didik yang menaruh minat pada suatu
mata pelajaran, perhatiannya akan tinggi dan minatnya berfungsi sebagai
pendorong kuat untuk terlibat secara
aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada pelajaran tersebut. Oleh karena itu,
definisi operasional minat belajar adalah pilihan kesenangan dalam melakukan
kegiatan dan dapat membangkitkan gairah seseorang untuk memenuhi kesediaannya
yang dapat diukur melalui kesukacitaan, ketertarikan, perhatian dan
keterlibatan. Berikut
contoh kisi-kisi dan soal minat belajar
sastra Indonesia.
NO.
|
DIMENSI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
1.
2.
3.
4.
|
Kesukaan
Ketertarikan
Perhatian
Keterlibatan
|
Gairah
Inisiatif
Responsif
Kesegeraan
Konsentrasi
Ketelitian
Kemauan
Keuletan
Kerja Keras
|
8, 13
16, 17
10, 15, 20
2, 6, 9
7, 19
3, 10
4, 5
1, 18
12, 14
|
Keterangan : Nomor yang bergaris bawah adalah untuk
pernyataan positif
Contoh soalnya seperti berikut :
NO.
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
KK
|
J
|
TP
|
1.
2.
7.
16.
20.
|
….
Saya segera mengerjakan PR sastra sebelum
datang pekerjaan yang lain.
Saya asyik dengan pikiran sendiri ketika guru menerangkan
sastra di kelas.
Saya suka membaca buku sastra.
….
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: SS = sangat sering, S = sering, KK =
kadang-kadang, J = jarang, TP = tidak
pernah.
Perhatikan contoh tes minat lainnya berikut ini.
CONTOH TES MINAT PESERTA DIDIK
TERHADAP MATA PELAJARAN
NO.
|
PERNYATAAN
|
SL
|
SR
|
JR
|
TP
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Saya Senang mengikuti pelajaran ini.
Saya rugi bila tidak mengikuti pelajaran ini.
Saya merasa pelajaran ini bermanfaat.
Saya berusaha menyerahkan tugas tepat waktu.
Saya berusaha memahami pelajaran ini.
Saya bertanya kepada guru bila ada yang tidak jelas
Saya mengerjakan soal-soal latihan di rumah.
Saya mendiskusikan materi pelajaran dengan teman
sekelas.
Saya berusaha memiliki buku pelajaran ini.
Saya berusaha mencari bahan pelajaran di perpustakaan
|
|
|
|
|
Keterangan : SL = selalu, SR = sering, JR =
jarang, TP = tidak pernah.
Keterangan : Dari 4 kategori: skor terendah
10, skor tertinggi 40.
33- 40 Sangat berminat
25- 32 Berminat
17- 24 Kurang berminat
10- 16 Tidak berminat
Sumber : Panduan Penulisan Butir Soal
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini