IPA adalah salah satu
mata pelajaran yang digemari oleh para siswa, namun selama ini hasil belajar
mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
manfaat model pembelajaran konstruktivisme dalam memperbaiki hasil belajar IPA
di SDK 6 BPK PENABUR Bandung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan
metode diskusi, kerja kelompok, dan percobaan. Pada model ini guru akan
menggali pengetahuan awal siswa dan berlanjut kepada siswa untuk mencari
pengetahuannya sendiri. Pengetahuan tersebut dapat dikonstruksikan menjadi satu
pengetahuan yang utuh untuk siswa tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan
dalam bulan November 2010 ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil
belajar ranah kognitif, psikomotor dan ranah afektif. Simpulan yang diperoleh
bahwa model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA
di SDK 6 BPK PENABUR Bandung
Artikel Selengkapnya
dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal
Penabur
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini