Matematika :

Nov 21, 2011

Hasil PTK : Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA


IPA adalah salah satu mata pelajaran yang digemari oleh para siswa, namun selama ini hasil belajar mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat model pembelajaran konstruktivisme dalam memperbaiki hasil belajar IPA di SDK 6 BPK PENABUR Bandung. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan metode diskusi, kerja kelompok, dan percobaan. Pada model ini guru akan menggali pengetahuan awal siswa dan berlanjut kepada siswa untuk mencari pengetahuannya sendiri. Pengetahuan tersebut dapat dikonstruksikan menjadi satu pengetahuan yang utuh untuk siswa tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan dalam bulan November 2010 ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar  ranah kognitif, psikomotor  dan ranah afektif. Simpulan yang diperoleh bahwa model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA di SDK 6 BPK PENABUR Bandung

Artikel Selengkapnya dapat dilihat [di sini]

Sumber : Jurnal Penabur

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...