Matematika :

Feb 18, 2011

Pesawat NASA Bertemu Komet Di Hari Valentine


INILAH.COM, Los Angeles – Setelah perjalanan jauh, pesawat NASA akhirnya akan bertemu pasangan sempurnanya, sebuah komet berukuran setengah Mahattan.
Pertemuan antara Stardust dan komet Tempel 1 akan terjadi Senin (14/2) ini. Pertemuan itu akan terjadi 338 juta kilometer dari Bumi. Stardust yang melaju dengan kecepatan 38,6 ribu km/jam itu akan terbang dengan jarak 200 km dari komet berbentuk kentang itu untuk mengambil gambarnya.

Jika sukses, peristiwa ini akan menjadi peristiwa pertama kali yang dilakukan ilmuwan sebelum dan setelah gambar Tempel 1 diambil. Hal ini akan membantu ilmuwan meneliti setiap perubahan yang diterjadi di permukaan komet itu.
Pada 2005, Tempel 1 menerima kunjungan tak menyenangkan dari satelit NASA lain bernama Deep Impact yang menembakkan peluru tembaga ke dalam komet pada 4 Juli. Hal itu menimbulkan kembang api kosmik dan kawah di permukaan komet.
Benturan kecepatan tinggi itu menimbulkan banyak debu dan puing. Deep Impact pun gagal menyaksikan lubang buatan manusia di komet itu karena gambar yang diperoleh terlalu menyilaukan. Ilmuwan berharap mendapat kesempatan kedua dengan Stardust.
“Saya tak akan tidur di Hari Valentine dan mengirim banyak cinta pada komet itu,” kata peneliti Brown University Pete Schultz. [vin]

1 comment:

  1. hebat...hebat...hebat... ilmuwan memang sll bikin kejutan..apa kita bisa ??? perlu belajar 200 tahun kali ya...

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...