Matematika :

Jul 4, 2011

PENELITIAN TIM AHLI TENTANG KOMIK

Jika anda ingin tahu kehidupan, baca komik Asterix. Jika anda ingin tahu tentang kematian, baca Asterix. Dan, kalau anda ingin tahu masalah lain - baca Asterix. Mungkin juga Donal Bebek dan the Pink Panther.
Demikianlah pendapat suatu tim ahli bedah otak terkemuka di Jerman.
Ketika mereka menggambarkan tugas riset, dalam jurnal medis yang menerbitkan hasil penelitian: ''Tujuan kajian ini adalah menganalisis epidemiologi dan faktor risiko tertentu cedera otak traumatis (TBI) di dalam buku cerita bergambar Asterix.''
Dengan nada kelakar khas Jerman, mereka menambahkan penelitian mereka tidak sepenuhnya serius, tapi juga tidak sepenuhnya asal-asalan.
''Terkadang saya rasa kita bisa belajar bahwa orang di depan kita mengalami pengalaman yang sama, sehingga kita perlu untuk menganalisis masa lalu,'' kata Dr Daniel Haenggi dari University of Duesseldorf.
Namun, ketika disinggung bahwa Asterix bukanlah masa lalu, tapi representasi fiksi mengenai masa lalu, penulis laporan penelitian mengatakan riset mereka adalah upaya untuk mengingatkan mereka tentang arti penting mengkaji masa lalu.
Jadi, pelajaran apa yang kita bisa dapat dari cedera otak di dunia bangsa Galia dalam Asterix?
Tim peneliti mengatakan: ''Meski setengah dari pasien kami mengalami gangguan kesadaran yang mula-mula parah pasca TBI, tidak ada masalah permanen bisa ditemukan.''

Manfaat helm

donald duck
Banyak adegan cedera kepala juga muncul di komik Donal Bebek
Dari riset terhadap komik Asterix, terlihat bahwa penggunaan ramuan ajaib memperingan dampak benda tumpul pada otak, kata peneliti Jerman dalam laporan mereka.
Juga terlihat bahwa penggunaan helm meredam tumbukan.
Muncul suatu gambaran trauma dalam Asterix: ''Di antara 34 buku komik Asterix yang dianalisis, 704 kasus cedera kepala atau otak teridentifikasi.''
''Sebagian besar korban menderita cedera rudapaksa berulang dalam satu buku komik atau bahkan lebih. Hampir semua karakter komik yang menderita cedera kepala adalah wanita (99,1%; 698 pria, enam perempuan) dan dewasa.
''Cedera otak traumatis disebabkan oleh kekuatan benda tumpul dalam 696 kasus (98,8%), sedangkan pencekikan terjadi dalam delapan kasus (1,1%). Kebanyakan karakter menderita cedera akibat serangan, tapi sedikit sekali akibat jatuh.''
Dampak obat juga seperti pedang bermata dua. Obat memberi tambahan kekuatan bagi si penyerang, tapi mendatangkan kemampuan bertahan lebih besar bagi si korban terhadap serangan, kata tim peneliti Jerman.
Menurut mereka, meski komposisi pasti obat tersebut tetap rahasia, diketahui bahwa ramuan ajaib mengandung tanaman tertentu .
Dr Karl Schaller, seorang dokter ahli otak dari Swiss dan salah seorang peneliti, mengatakan: "membandingkan hasil dari kajian komprehensif terhadap laporan cedera kepala dalam seluruh serial Asterix ini dengan laporan cedera kepala karakter komik yang lebih baru seperti dari komik Donal Bebek, Pink Panther dan lain-lain, dan mencermatinya dengan perspektif trans-Atlantik yang mungkin ada, pasti akan menarik.''

BBC - INDONESIA

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...