RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMP…
Mata Pelajaran :
Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VII
( tujuh )/1 ( satu )
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Standar
Kompetensi : 1. Mengapresiasi karya Seni Rupa
B. Kompetensi Dasar : 1.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama :
Pada
akhir pembelajaran peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi cabang-cabang seni, unsur-unsur
seni, sifat dasar seni secara berkelompok.
- Mengidentifikasi hasil karya seni rupa terapan DKI Jakarta secara berkelompok.
- Mendiskripsikan
ciri-ciri karya seni rupa terapan.
- Mendiskripsikan
jenis, fungsi. bentuk karya seni terapan setempat.
- Mendiskripsikan
teknik pembuatan karya seni rupa terapan DKI Jakarta secara berkelompok.
Pertemuan kedua
Pada akhir pembelajaran peserta didik dapat :
1. Mempresentasikan hasil kerja kelompok.
2. Bekerjasama baik dengan teman sekelompoknya
maupun kelompok lain
3. Menghargai karya orang lain
4. Mensyukuri nikmat Allah karena telah mendapat
kemudahan dalam
melakukan kegiatan sehari-hari dengan
adanya karya seni terapan.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian cabang-cabang seni, unsur-unsur, sifat dasar
seni.
2
Karya seni rupa terapan di DKI Jakarta
3.
Jenis-jenis karya seni rupa terapan DKI Jakarta
4.
Bentuk-bentuk karya seni rupa terapan DKi Jakarta
5.
Fungsi karya seni rupa terapan DKI Jakarta
6.
Teknik pembuatan karya seni rupa terapan DKI Jakarta
7.
Tokoh pembuat karya seni rupa terapan di DKI Jakarta
E. Metode
Pembelajaran
1.
Diskusi
2. Tanya
jawab
3.
Observasi/pengamatan
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan
- Berdoa.
- Memeriksa kehadiran siswa dan keadaan siswa
- Guru menanyakan hal yang berkaitan dengan kegiatan
pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
- Selama
tujuh menit peserta didik menulis benda hasil karya seni rupa terapan yang
terdapat di rumahnya
b.
Kegiatan inti
Kegiatan
Explorasi :
- Peserta didik
melihat tayangan media elektronik yang menayangkan tentang hasil karya seni
rupa dan karya seni rupa terapan DKI Jakarta
- Peserta didik mendiskripsikan karya yang ditayangkan
meliputi : cabang-cabang seni yang ada, unsur-unsur seni, sifat dasar seni dan teknik-teknik
pembuatan seni terapan DKI Jakarta
Kegiatan Elaborasi
-
Peserta didik membagi empat kelompok,
-
Setiap kelompok mengumpulkan hasil diskripsi dari anggota
dan membuat kesimpulan
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi .
-
Setiap kelompok mempresentasikan didepan kelas, kelompok
lain
memberi tanggapan.
Kegiatan Konfirmasi
-
Guru memberikan komentar sebagai umpan balik berkaitan
dengan
hasil presentasi dan tanggapan kelompok
lain.
-
Guru memberi
kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
c.
Penutup
-
Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran.
-
Penilaian.
-
Refleksi : Peserta
didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keberadaan seni
disekelilingnya terutama karya seni rupa
terapan.
-
Guru menginformasikan kepada peserta didik pekerjaan di
rumah:mengumpulkan gambar berbagai
jenis karya seni rupa terapan dari
koran, majalah, atau internet. Gunting gambar tersebut dan tempelkan di lembar kerja (Tabel
identifikasi), tuliskan identifikasi, nama, fungsi, terbuat dari bahan apa
karya seni terapan tersebut.
-
Berdoa.
-
Keluar kelas dengan tertib pada waktunya
G. Sumber Belajar :
Media Cetak, media
elektronik, lingkungan sekitar.
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Mempresentasikan teknik
pembuatan, fungsi, bahan dan tokoh yang pembu- at karya seni rupa
terapan di DKI Jakarta.
·
Dapat lebih menghargai karya orang lain dan mempertebal
rasa kebangsaan.
|
Lembar
Obsevasi
Self assessment
|
Lembar identifikasi
Skala Likert
|
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu yang berupa
tanggapan tentang keunikan gagasan,
Teknik pembuatan, fungsi, bahan yang dugunakan
Untuk membuat karya seni rupa terapan DKI Jakarta.
Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik
kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah 1 untuk BELUM BAIK, 2 untuk
CUKUP BAIK, 3 untuk BAIK, 4 untuk SANGAT BAIK sesuai dengan diri
kalian.
1.
Bekerja sama
dengan teman sekelas
1 2
3 4
2.
Rasa percaya
diri dalam mengemukakan pendapat 1 2
3 4
3.
Bekerja dengan
cermat/teliti 1 2
3 4
4.
Menghargai
pendapat teman sekelas 1 2
3 4
5.
Mencari bahan
tugas sendiri 1 2
3 4
6.
Membuat tugas sendiri
1 2
3 4
7.
Menghargai
karya orang lain
1 2 3
4
|
....................,
.........................2010
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs .............................. Guru Mata Pelajaran,
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini