Matematika :

Nov 26, 2011

Suara Ibu Berpengaruh Besar Bagi Bayi


Ibu memang selalu spesial dan berperan sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Suara ibu bahkan sangat penting untuk mengaktifkan otak bayi yang baru saja dilahirkan.

Tidak hanya itu, suara ibu layaknya sebuah pelukan lembut. Suara ibu tak hanya bisa menenangkan hati anak, tapi juga bisa menjadi obat paling ampuh menghilangkan stres si kecil.

Penelitian University of Wisconsin-Madison, Amerika, menemukan bahwa saat mendengar suara lembut ibu, saraf seorang anak akan bekerja cepat dan langsung memberikan ketenangan.

Temuan ini bisa membantu menjelaskan mengapa ibu sering menjadi orang pertama yang dicari saat seorang anak berada dalam masa-masa sulit. Bahkan, ketika dewasa pun anak-anak seringkali menjadikan suara ibu sebagai obat penenang.

Tim peneliti melihat peran oxytocin, hormon cinta mempengaruhi efek dahsyat suara ibu pada anak. Dikenal sebagai cuddle hormone, hormon ini dilepaskan ke dalam darah selama persalinan, sehingga bisa memicu produksi ASI dan membantu kedekatan ibu dan anak. Hal ini juga yang menyebabkan ASI bisa menjadi salah satu kunci kemampuan ibu untuk menenangkan anaknya.

(Berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...