No
|
Komponen
|
Sub Komponen
|
Indikator
Esensial
|
1
|
Cerdas, berpengetahuan, berkepribadian, berakhlak mulia, serta siap hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
|
1.1
Percaya diri
dan bertanggung
|
1.1.1 Siswa
memperoleh pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap
percaya diri dan bertanggung jawab
|
|
1.2
Biasa berbagai
sumber belajar
|
1.2.1 Siswa memperoleh pengalaman belajar
melalui program pembiasaan untuk mencari informasi/ pengetahuan lebih lanjut
dari berbagai sumber belajar
|
|
|
|
1.3
Berprestasi
|
1.3.1 Sekolah memiliki prestasi yang
ditunjukkan dengan tingkat kelulusan
dan rata-rata nilai US/UN yang tinggi
|
|
|
1.4
Produktif dan
bertanggung jawab
|
1.4.1 Siswa memperoleh pengalaman belajar
untuk mengenal pemanfaatan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
|
|
|
1.5
Biasa hidup
bersih, sehat, bugar, aman, dan sportif
|
1.5.1 Siswa memperoleh pengalaman belajar
yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar dan aman
|
|
|
1.6
Siap
melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih
|
1.6.1 Siswa memperoleh pengalaman belajar
agar mampu menguasai pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang
lebih tinggi
|
|
|
1.7
Berkomunikasi
secara efektif dan santun
|
1.7.1 Siswa memperoleh pengalaman
dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan secara efektif dan santun
|
2
|
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia
|
2.1 Melaksanakan ajaran agama
|
2.1.1 Siswa memperoleh pengalaman
belajar untuk melaksanakan ajaran agama dan akhlak mulia
|
|
|
2.2 Berakhlak mulia
|
2.2.1 Siswa memiliki pengetahuan,
sikap, dan perilaku yang baik setelah belajar akhlak mulia sesuai ajaran
agama yang dianutnya
|
3
|
Memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air
|
1.1 Menghargai keberagaman
|
3.1.1 Siswa memperoleh pengalaman
belajar untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan
sosial ekonomi.
|
|
|
1.2 Menegakkan aturan
|
3.2.1 Siswa memperoleh pengalaman
belajar untuk berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
|
|
|
1.3 Bekerjasama dan tolong-menolong
|
3.3.1 Siswa memperoleh pengalaman belajar
bekerjasama dalam kelompok, tolong-menolong dan menjaga diri sendiri dalam
lingkungan keluarga dan teman sebaya (hanya untuk SD).
|
|
|
1.4 Berpartisipasi siswa dalam kehidupan bermasyarakat
|
3.4.1 Siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat melibatkan
partisipasi siswa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
secara demokratis dalam wadah NKRI.
|
|
|
1.5 Cinta dan bangga terhadap bangsa,
negara dan tanah air Indonesia
|
3.5.1 Siswa memperoleh pengalaman
belajar yang dapat menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa,
negara dan tanah air Indonesia.
|
4
|
Berfikir logis dan analisis
|
4.1 Belajar iptek secara efektif
|
4.1.1 Siswa memperoleh pengalaman
belajar iptek secara efektif.
|
|
|
4.2 Mengenali dan menganalisis gejala alam
dan social
|
4.2.1 Siswa memperoleh pengalaman
belajar untukmengenali dan menganalisis gejala alam dan sosial.
|
5
|
Memiliki rasa seni dan memahami budaya
|
5.1 Mengekspresikan seni dan budaya
|
5.1.1 Siswa memperoleh pengalaman mengekspresikan diri melalui kegiatan
seni dan budaya.
|
6
|
Sehat jasmani
dan rohani serta sportif
|
6.1 Bugaran jasmani serta hidup sehat
|
6.1.1 Mengembangkan dan memelihara
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat
|
|
|
6.2 Menjaga tubuh serta lingkungan
|
6.2.2 Siswa memahami perawatan
tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya
serta menjauhi narkoba
|
Jun 26, 2012
INDIKATOR PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA JENJANG SD/MI - STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Label: Pendidikan
Pendidikan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini