Matematika :

Oct 23, 2012

Kesehatan Mata Terkait Dengan Kesehatan Otak?


ScienceDaily (Mar. 14, 2012)- Penderita penyakit Pembuluh darah yang berpengaruh pada kerusakan retina mata cenderung memiliki masalah pada kemampuan berpikir dan mengingat (kognitif). hal ini disebabkan karena sangat memungkinkan pembuluh darah dalam otak juga mengalami kerusakan yang sama, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam online neurology pada 14 maret 2012.

Kerusakan retina disebut dengan retinopathy. dalam study tersebut, kerusakan itu cukup ringan untuk tidak menimbulkan gejala yang signifikan. “Masalah dengan pembuluh darah kecil di mata dapat menjadi tanda bahwa ada juga masalah dengan pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan masalah kognitif,” kata penulis studi Mary Haan, DrPH, MPH, dari University of California, San Francisco.

“Ini bisa sangat berguna jika screening mata sederhana bisa memberi kita indikasi awal bahwa orang mungkin berada pada risiko masalah dengan kesehatan otak mereka dan fungsionalitasnya.”

Penelitian ini melibatkan 511 wanita dengan usia rata-rata 69. Para perempuan mengambil tes keampuan berpikir dan kemampuan memori setiap tahun selama 10 tahun. Kesehatan mata mereka diuji selama empat tahun dan dipelajari begitupun hasil scan dari otak mereka diambil secara rutin selama delapan tahun pada study ini.

Sebanyak 39 perempuan, atau 7,6 persen, memiliki retinopati. Para wanita dengan retinopati rata-rata memiliki skor rendah pada tes kognitif dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki retinopati. Para wanita dengan retinopati juga memiliki lebih banyak wilayah kerusakan pembuluh darah kecil di dalam otak, dengan volume 47 persen lebih besar dari daerah kerusakan daripada wanita yang tidak memiliki retinopati. Di lobus parietal otak, perempuan dengan retinopati memiliki volume 68 persen daerah kerusakan lebih besar.

Hasil tetap sama bahkan setelah disesuaikan untuk tekanan darah tinggi dan diabetes, yang dapat menjadi faktor dalam masalah pembuluh darah di mata dan otak.

Pada tes ketajaman visual, para wanita dengan retinopathy memiliki skor yang sama seperti wanita tanpa penyakit.

Sumber: ScienceDaily[dot]com

1 comment:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...