Matematika :

Oct 16, 2011

SOAL IPA SMP KELAS IX : BIOTEKNOLOGI DAN KELISTRIKAN

Bab 5 Bioteknologi
Reviu Perbendaharaan Kata
Pasangkan Kata-kata Kunci IPA berikut (tidak semua kata kunci digunakan) dengan pernyataan
di bawahnya.
a. kloning
b. bioteknologi konvensinal
c. bioteknologi modern
d. totipotensi
e. kultur jaringan
f. fermentasi
g. transgenik
i. mikoprotein
j. bioteknologi
1. Produk makanan yang berasal dari miselium jamur (tubuh jamur) bertambah banyaknya individu suatu spesies untuk mempertahan-kan jenisnya.
2. Pembentukan sel-sel secara invitro yang memiliki sifat sama dan identik dengan induk
3. Pemanfaatan organisme hidup untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi manusia.
4. Bioteknologi yang mengandalkan jasa mikroba untuk menghasilkan produk yang dibutuhan manusia melalui proses fermentasi.
5. Rekayasa genetika berusaha mengu-bah sifat organisme sehingga memiliki kemampuan seperti yang diinginkan.
6. Makhluk hidup yang telah disisipi sifat (DNA) baru biasanya akan memiliki sifat baru itu.
7. Setiap sel tumbuhan memiliki kemampuan untuk tumbuh menjadi individu bila ditempatkan pada lingkungan yang sesuai
8. Teknik untuk memperoleh bibit tanaman dengan cara menumbuhkan sebagian jaringan tumbuhan dalam media khusus
Pengecekan Konsep
Pilihlah kalimat atau kata berikut untuk melengkapi kalimat.
1. Proses reproduksi vegetatis yang bertujuan menghasilkan makhluk hidup yang secara genetik sama di sebut __________
a. fertilisasi
b. perkembangbiakan seksual
c. kloning
d. mutasi
2. Contoh dari bioteknologi konvensi-onal adalah _________
a. fermentsi
b. kloning
c. individu transgenik
d. planlet
3. Planlet adalah individu baru dan kecil hasil dari teknik perbanyak tumbuhan yang dikenal dengan ________
a. fermentasi
b. kultur jaringan
c. klon
d rekayasa genetika
4. Setiap sel tumbuhan memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi individu baru jika ditumbuhkan dalam media yang sesuai. Sifat tersebut dikenal dengan istilah _______
a. totipotensi
b. genetik
c. fenotif
d. genotif
5. Penyembuhan penyakit menurun dengan jalan menyisipkan gen yang kurang pada penderita. Proses ini disebut ____
a. terapi genetik
b terapi alternatif
c. rekayasa genetika
d. terapi medis
6. Aspergillus oryzae atau Aspergillus soyae bersama Saccharomyces rouxii atau Pediococcus soyae digunakan dalam pembuatan ________
a. kecap
b. tape
c. tempe
d. tauco
7. Rhizopus oryzae, R. oligosporus, R. stolonifer, R. chlamydosporus dimanfaatkan oleh orang untuk membuat _______
a. kecap
b. tape
c. tempe
d. tauco
8. Produk bioteknologi modern yang disebut insulin digunakan untuk pengobatan terhadap penyakit _________
a. thalasemia
b. diabetes
c. hepatitis
d. anemia
Pemahaman Konsep
Jawablah pertanyaan berikut di dalam buku IPA-mu
1. Analisislah apa yang menyebabkan bioteknologi berkembang seperti dewasa ini?
2. Apa keuntungan dari proses pembuatan bibit tanaman melalui kultur jaringan.
3. Pikirkan apa yang akan timbul pada tatanan masyarakat kita andaikata bioteknologi berhasil mengkloning manusia dengan sifat-sifat yang dikehendaki?
Pengembangan Keterampilan
1. (a) Ambillah sepotong tempe yang masih segar. Ambillah benang-benang halusnya, dan amatilah di bawah mikroskop. Gambarlah hasil pengamatanmu.
 (b) Keesokan harinya lakukan pengamatan yang sama pada tempe tersebut. Catat hasil pengamatanmu, dan bandingkan dengan pengamatan pertama.
(c) Lakukan lagi kegiatan yang sama pada hari ke tiga dan keempat.
(d) Perubahan apa yang tampak pada jamur yang tampak pada tempe. Buatlah gambar untuk menunjukkan perbedaannya.
2. Carilah dan tulislah ringkasan dari koran yang berceritera tentang kloning.
3. Buatlah suatu tulisan tentang hasil bioteknologi yang diterapkan dalam kehidupanmu sehari hari. Carilah sumber informasi dari bacaan ataupun dari internet.

Bab 6 Kelistrikan
Reviu Perbendaharaan Kata
Pasangkan Kata-kata IPA berikut dengan pernyataan di bawahnya.
a. Rangkaian              i. kilowatt-jam
b. Konduktor             j. Hukum Ohm
c. Arus                        k. Petir
d. Sel Kering               l. Beda Potensial
e. Medan listrik          m. Resistansi
f. Daya listrik n. Rangkaian seri
g. Elektroskop            o. Listrik statis
h. isolator                   p. Sel basah
1. Disebabkan muatan-muatan listrik di dalam sebuah benda
2. mengerjakan gaya pada suatu muatan listrik
3. suatu bahan dimana elektron mudah bergerak dengan mudah
4. suatu alat yang digunakan untuk mendeteksi muatan listrik
5. lintasan tertutup dimana elektron Mengalir
6. dua plat terbuat dari logam atau campuran logam berbeda dalam larutan elektrolit.
7. Menahan aliran elektron di dalam konduktor
8. Terjadi bila elektron mengalir di antara awan dan bumi.
9. Energi listrik yang dikonversikan ke bentuk energi lain tiap satuan waktu
10. Mengkaitkan tegangan dengan resistansi dan arus
Pengecekan Konsep
Pilihlah kata atau ungkapan untuk melengkapi kalimat atau jawaban pertanyaan tersebut.
11. Suatu benda menjadi bermuatan positif apabila benda itu ....
a. kehilangan elektron-elektron
b. kehilangan proton-proton
c. menerima elektron-elektron
d. menerima neutron-neutron
12. Apabila dua muatan negatif didekatkan satu sama lain, dua muatan itu akan ....
a. tolak-menolak
b. tarik-menarik
c. tidak tarik-menarik atau tolak menolak
d. pengosongan ke tanah
13. Apabila sebuah atom kehilangan sebuah elektron, maka atom itu akan
a. bermuatan positif
b. bermuatan negatif
c. tetap netral
d. menjadi isotop
14. Sebuah contoh isolator yang baik adalah
a. tembaga
b. kayu
c. perak
d. air garam
15. Menghubungkan suatu benda bermuatan ke Bumi dengan maksud mengosongkan muatan benda itu ke dalam Bumi disebut
a. pemuatan
b. engaliran
c. pentanahan
d. induksi
16. Petir menunjukkan suatu pengo-songan ....
a. proton
b. elektron
c. neutron
d. inti atom
17. Listrik statis bergerak dari satu tempat ke tempat lain karena..
a. elektron-elektron tertarik ke
elektron-elektron lain
b. energi potensial tertarik ke energi kinetik
c. elektron-elektron tertarik kekutub magnetik alamiah Bumi
d. elektron-elektron tertarik ke muatanmuatan positip
18. Suatu rangkaian listrik memerlukan ....
a. suatu sumber elektron, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar tertutup
b. suatu sumber proton, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar tertutup.
c. suatu sumber proton, suatu jalan elektron, dan suatu s a k e l a r terbuka
d. suatu sumber elektron, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar terbuka
19. Perbedaan energi potensial per unit muatan antara dua elektrode diukur dalam ....
a. ampere
b. coulomb
c. ohm
d. volt
20. Perbedaan energi yang dibawa elektron-elektron pada titik-titik berbeda dalam suatu rangkaian akan menentukan.......
a. tegangan
b. tahanan
c. arus
d. daya
Pemahaman Konsep
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dalam buku catatanmu dengan menggunakan kalimat lengkap.
21. Sebutkan perbedaan listrik statis dan listrik dinamis.
22. Apakah perbedaan elektron-elektron konduktor dan elektron-elektron isolator?
23. Apakah yang menyebabkan elektron- elektron mengalir melalui suatu rangkaian?
24. Bagaimanakah terjadinya petir?
25. Bagaimanakah hubungan antara hambatan dan beda potensial dengan besar arus yang mengalir dalam suatu rangkaian?
Berpikir Kritis
26. Penangkal petir merupakan konduktor yang dihubungkan ke tanah dan diletakkan di atas atap bangunan. Bagaimanakah penangkal petir tersebut melindungi bangunan dari petir?
27. Jelaskan bagaimana sebuah elektroskop dapat digunakan untuk mengenali suatu benda bermuatan negatif!
28. Sebuah mobil mainan mempunyai arus 1,5 A dan mempunyai hambatan 2 ohm. Berapakah tegangan yang dibutuhkan oleh mainan itu?
29. Arus yang mengalir melalui sebuah alat listrik yang dihubungkan ke
sumber 220 V adalah 1 A. Berapa kilowatt-jam energi listrik yang digunakan alat tersebut selama 4 jam?
30. Kamu diminta untuk menghu-bungkan sebuah pesawat stereo, sebuah
televisi, sebuah tape, dan sebuah lampu dalam satu rangkaian. Rangkaian
manakah yang akan kamu pilih, paralel atau seri? Bagaimana kamu dapat mencegah suatu kebakaran akibat hubungan singkat?
Jelaskan jawabanmu.
31. Bermain sepakbola dan berdiri di bawah pohon tinggi selama hujan bercampur petir adalah berbahaya. Mengapa kegiatan ini berbahaya pada saat ada petir?
Pengembangan Keterampilan
1. Penginterpretasian data: Perhatikan pemakaian daya alat-alat listrik pada
Tabel 6-2 dan hitunglah arus yang digunakan tiap-tiap alat dari sumber 220V. Alat manakah menyerap arus paling banyak?
2. Pengklasifikasian : Buat suatu daftar 10 alat listrik yang pernah kamu lihat. Klasifikasikan alat-alat tersebut menurut jenis sumber arusnya.
3. Merancang Eksperimen: Rancanglah sebuah eksperimen untuk menguji perubahan arus dan tegangan dalam suatu rangkaian apabila baterei dengan tegangan yang sama dirangkai secara seri. Apakah hipotesismu? Identifikasi yang mana diantara arus tegangan, dan jenis
rangkaian yang merupa-kan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...