Bab 5 Bioteknologi
Reviu
Perbendaharaan Kata
Pasangkan Kata-kata
Kunci IPA berikut (tidak semua kata kunci digunakan) dengan pernyataan
di bawahnya.
a. kloning
b. bioteknologi
konvensinal
c. bioteknologi
modern
d. totipotensi
e. kultur jaringan
f. fermentasi
g. transgenik
i. mikoprotein
j. bioteknologi
1. Produk makanan
yang berasal dari miselium jamur (tubuh jamur) bertambah banyaknya individu
suatu spesies untuk mempertahan-kan jenisnya.
2. Pembentukan
sel-sel secara invitro yang memiliki sifat sama dan identik dengan induk
3. Pemanfaatan
organisme hidup untuk menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi
manusia.
4. Bioteknologi
yang mengandalkan jasa mikroba untuk menghasilkan produk yang dibutuhan manusia
melalui proses fermentasi.
5. Rekayasa
genetika berusaha mengu-bah sifat organisme sehingga memiliki kemampuan seperti
yang diinginkan.
6. Makhluk hidup
yang telah disisipi sifat (DNA) baru biasanya akan memiliki sifat baru itu.
7. Setiap sel
tumbuhan memiliki kemampuan untuk tumbuh menjadi individu bila ditempatkan pada
lingkungan yang sesuai
8. Teknik untuk
memperoleh bibit tanaman dengan cara menumbuhkan sebagian jaringan tumbuhan
dalam media khusus
Pengecekan Konsep
Pilihlah kalimat
atau kata berikut untuk melengkapi kalimat.
1. Proses
reproduksi vegetatis yang bertujuan menghasilkan makhluk hidup yang secara
genetik sama di sebut __________
a. fertilisasi
b. perkembangbiakan
seksual
c. kloning
d. mutasi
2. Contoh dari
bioteknologi konvensi-onal adalah _________
a. fermentsi
b. kloning
c. individu
transgenik
d. planlet
3. Planlet adalah
individu baru dan kecil hasil dari teknik perbanyak tumbuhan yang dikenal
dengan ________
a. fermentasi
b. kultur jaringan
c. klon
d rekayasa genetika
4. Setiap sel
tumbuhan memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi individu baru jika ditumbuhkan
dalam media yang sesuai. Sifat tersebut dikenal dengan istilah _______
a. totipotensi
b. genetik
c. fenotif
d. genotif
5. Penyembuhan
penyakit menurun dengan jalan menyisipkan gen yang kurang pada penderita.
Proses ini disebut ____
a. terapi genetik
b terapi alternatif
c. rekayasa
genetika
d. terapi medis
6. Aspergillus
oryzae atau Aspergillus soyae bersama Saccharomyces rouxii atau
Pediococcus soyae digunakan dalam pembuatan ________
a. kecap
b. tape
c. tempe
d. tauco
7. Rhizopus
oryzae, R. oligosporus, R. stolonifer, R. chlamydosporus dimanfaatkan oleh
orang untuk membuat _______
a. kecap
b. tape
c. tempe
d. tauco
8. Produk
bioteknologi modern yang disebut insulin digunakan untuk pengobatan terhadap
penyakit _________
a. thalasemia
b. diabetes
c. hepatitis
d. anemia
Pemahaman Konsep
Jawablah pertanyaan
berikut di dalam buku IPA-mu
1. Analisislah apa
yang menyebabkan bioteknologi berkembang seperti dewasa ini?
2. Apa keuntungan
dari proses pembuatan bibit tanaman melalui kultur jaringan.
3. Pikirkan apa
yang akan timbul pada tatanan masyarakat kita andaikata bioteknologi berhasil
mengkloning manusia dengan sifat-sifat yang dikehendaki?
Pengembangan
Keterampilan
1. (a) Ambillah
sepotong tempe yang masih segar. Ambillah benang-benang halusnya, dan amatilah
di bawah mikroskop. Gambarlah hasil pengamatanmu.
(b) Keesokan harinya lakukan pengamatan yang
sama pada tempe tersebut. Catat hasil pengamatanmu, dan bandingkan dengan
pengamatan pertama.
(c) Lakukan lagi
kegiatan yang sama pada hari ke tiga dan keempat.
(d) Perubahan apa
yang tampak pada jamur yang tampak pada tempe. Buatlah gambar untuk menunjukkan
perbedaannya.
2. Carilah dan
tulislah ringkasan dari koran yang berceritera tentang kloning.
3. Buatlah suatu
tulisan tentang hasil bioteknologi yang diterapkan dalam kehidupanmu sehari
hari. Carilah sumber informasi dari bacaan ataupun dari internet.
Bab 6 Kelistrikan
Reviu
Perbendaharaan Kata
Pasangkan Kata-kata IPA berikut
dengan pernyataan di bawahnya.
a. Rangkaian i. kilowatt-jam
b. Konduktor j. Hukum Ohm
c. Arus k. Petir
d. Sel Kering l. Beda Potensial
e. Medan listrik m. Resistansi
f. Daya listrik n. Rangkaian seri
g. Elektroskop o. Listrik statis
h. isolator p. Sel basah
1. Disebabkan muatan-muatan
listrik di dalam sebuah benda
2. mengerjakan gaya pada suatu
muatan listrik
3. suatu bahan dimana elektron
mudah bergerak dengan mudah
4. suatu alat yang digunakan
untuk mendeteksi muatan listrik
5. lintasan tertutup dimana
elektron Mengalir
6. dua plat terbuat dari logam
atau campuran logam berbeda dalam larutan elektrolit.
7. Menahan aliran elektron di
dalam konduktor
8. Terjadi bila elektron mengalir
di antara awan dan bumi.
9. Energi listrik yang
dikonversikan ke bentuk energi lain tiap satuan waktu
10. Mengkaitkan tegangan dengan
resistansi dan arus
Pengecekan Konsep
Pilihlah kata atau
ungkapan untuk melengkapi kalimat atau jawaban pertanyaan tersebut.
11. Suatu benda
menjadi bermuatan positif apabila benda itu ....
a. kehilangan
elektron-elektron
b. kehilangan
proton-proton
c. menerima elektron-elektron
d. menerima
neutron-neutron
12. Apabila dua
muatan negatif didekatkan satu sama lain, dua muatan itu akan ....
a. tolak-menolak
b. tarik-menarik
c. tidak
tarik-menarik atau tolak menolak
d. pengosongan ke
tanah
13. Apabila sebuah
atom kehilangan sebuah elektron, maka atom itu akan
a. bermuatan positif
b. bermuatan negatif
c. tetap netral
d. menjadi isotop
14. Sebuah contoh
isolator yang baik adalah
a. tembaga
b. kayu
c. perak
d. air garam
15. Menghubungkan
suatu benda bermuatan ke Bumi dengan maksud mengosongkan muatan benda itu ke
dalam Bumi disebut
a. pemuatan
b. engaliran
c. pentanahan
d. induksi
16. Petir menunjukkan
suatu pengo-songan ....
a. proton
b. elektron
c. neutron
d. inti atom
17. Listrik statis
bergerak dari satu tempat ke tempat lain karena..
a. elektron-elektron
tertarik ke
elektron-elektron
lain
b. energi potensial
tertarik ke energi kinetik
c. elektron-elektron
tertarik kekutub magnetik alamiah Bumi
d. elektron-elektron
tertarik ke muatanmuatan positip
18. Suatu rangkaian
listrik memerlukan ....
a. suatu sumber
elektron, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar tertutup
b. suatu sumber
proton, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar tertutup.
c. suatu sumber
proton, suatu jalan elektron, dan suatu s a k e l a r terbuka
d. suatu sumber
elektron, suatu jalan untuk elektron-elektron, dan suatu sakelar terbuka
19. Perbedaan energi
potensial per unit muatan antara dua elektrode diukur dalam ....
a. ampere
b. coulomb
c. ohm
d. volt
20. Perbedaan energi
yang dibawa elektron-elektron pada titik-titik berbeda dalam suatu rangkaian
akan menentukan.......
a. tegangan
b. tahanan
c. arus
d. daya
Pemahaman Konsep
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dalam buku catatanmu dengan menggunakan kalimat
lengkap.
21. Sebutkan
perbedaan listrik statis dan listrik dinamis.
22. Apakah perbedaan
elektron-elektron konduktor dan elektron-elektron isolator?
23. Apakah yang
menyebabkan elektron- elektron mengalir melalui suatu rangkaian?
24. Bagaimanakah
terjadinya petir?
25. Bagaimanakah
hubungan antara hambatan dan beda potensial dengan besar arus yang mengalir
dalam suatu rangkaian?
Berpikir Kritis
26. Penangkal petir
merupakan konduktor yang dihubungkan ke tanah dan diletakkan di atas atap bangunan.
Bagaimanakah penangkal petir tersebut melindungi bangunan dari petir?
27. Jelaskan
bagaimana sebuah elektroskop dapat digunakan untuk mengenali suatu benda
bermuatan negatif!
28. Sebuah mobil
mainan mempunyai arus 1,5 A dan mempunyai hambatan 2 ohm. Berapakah tegangan
yang dibutuhkan oleh mainan itu?
29. Arus yang
mengalir melalui sebuah alat listrik yang dihubungkan ke
sumber 220 V adalah 1
A. Berapa kilowatt-jam energi listrik yang digunakan alat tersebut selama 4
jam?
30. Kamu diminta
untuk menghu-bungkan sebuah pesawat stereo, sebuah
televisi, sebuah
tape, dan sebuah lampu dalam satu rangkaian. Rangkaian
manakah yang akan
kamu pilih, paralel atau seri? Bagaimana kamu dapat mencegah suatu kebakaran akibat
hubungan singkat?
Jelaskan jawabanmu.
31. Bermain sepakbola
dan berdiri di bawah pohon tinggi selama hujan bercampur petir adalah
berbahaya. Mengapa kegiatan ini berbahaya pada saat ada petir?
Pengembangan
Keterampilan
1. Penginterpretasian
data: Perhatikan pemakaian daya alat-alat listrik pada
Tabel 6-2 dan hitunglah arus yang
digunakan tiap-tiap alat dari sumber 220V. Alat manakah menyerap arus paling
banyak?
2. Pengklasifikasian
: Buat suatu daftar 10 alat listrik yang pernah kamu lihat. Klasifikasikan
alat-alat tersebut menurut jenis sumber arusnya.
3. Merancang
Eksperimen: Rancanglah sebuah eksperimen untuk menguji perubahan arus dan
tegangan dalam suatu rangkaian apabila baterei dengan tegangan yang sama
dirangkai secara seri. Apakah hipotesismu? Identifikasi yang mana diantara arus
tegangan, dan jenis
rangkaian yang merupa-kan
variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini