Bab 3 Sistem Koordinasi Regulasi,
dan Indera Manusia
Reviu Perbendaharaan Kata
Pasangkan Kata-kata Kunci IPA
berikut (tidak semua kata kunci digunakan) dengan pernyataan di bawahnya.
a. neuron
b. dendrit
c. akson
d. sinaps
e. cerebrum (otak besar)
f. cerebellum (otak kecil)
g. hipofisis
h. pupil
i. papila
j. koklea
k. ayan
l. diabetes
1. sel saraf disebut juga
2. bagian neuron yang menerima
pesan dari neuron tetangganya.
3. bagian dari neuron yang
berfungsi mengirim pesan ke neuron-neuron sekitar atau ke organ tubuh.
4. celah kecil antara akson suatu
neuron dengan dendrit dari neuron tetangga.
5. bagian otak yang mengontrol
pikiran, nalar, dan indera.
6. kelenjar hormon yang mampu
mengatur kelenjar hormon yang lain.
7. kuncup pengecap lidah
8. penyakit kencing manis
Pengecekan Konsep
1. Tubuhmu mengandung
berjuta-juta sel saraf yang disebut ...
a. akson
b. neuron
c. dendrit
d. nefron
2. Ujung sel saraf
becabang-cabang dan disebut ...
a. akson
b. nefron
c. dendrit
d. neuron
3. Susunan saraf pusat terdiri
dari organ berikut ini kecuali ...
a. otak dan sumsum tulang
belakang
b. otak besar dan otak kecil
c. saraf tepi dan otak besar
d. otak kecil dan saraf tepi.
4. Bagian tulang pendengaran yang
terdekat dengan selaput gendang ..
a. martil
b. landasan
c. sanggurdi
d. incus
Pemahaman Konsep
1. Jelaskan apa fungsi utama
sistem koordinasi
2. Sebutkan secara urut jalur
perjalanan arah rangsang sampai bisa kita rasakan.
3. Jelaskan apa yang dimaksud denganpenyakit
gigantisme.
4. Jelaskan bagaimana proses
melihat!
5. Mengapa ketika selesma, kita
kurang berselera makan?
1. Ada satu penyakit yang bernama
“epilepsi” atau penyakit ayan. Bila penderita terjangkit penyakit ini, tubuhnya
kejang-kejang tidak teratur. Otak bagian manakah yang mengalami gangguan akiba
penyakit tersebut?
2. Fakta menyebutkan bahwa sel
maupun jaringan saraf sulit bahkan tidak bisa melakukan regenerasi bila terjadi
kerusakan. Apa yang bisa kamu prediksi apa bila ada seseorang yang jatuh terduduk
dan kemudian saraf kemaluannya terputus?
Berfikir Kritis
1. Menemukan ide-ide pokok.
Buatlah daftar nomor halaman yang memuat ide-ide pokok berikut. Selanjutnya
jelaskan tiap-tiap ide pokok tersebut.
a. Bagian utama sistem saraf.
b. Bentuk sebuah neuron
c. Peran hipofisis pada
pertumbuhan
d. Goiter akibat kekurangan
iodium
e. Lidah mempunyai kuncup
pengecap
f. Bagian pengatur keseimbangan tubuh
g. Lapisan kulit letak
ujung-ujung saraf
2. Membuat tabel. Buatlah
sebuah tabel yang menunjukkan perbandingan cara
kerja sistem saraf dengan sistem
hormon.
3. Menangani informasi. Bacalah
informasi tentang kelainan atau gangguan pada sistem hormon manusia, lalu
tulislah secara singkat informasi tersebut.
Bab 4 Kelangsungan Hidup
Organisme
Reviu Perbendaharaan Kata
Pasangkan Kata-kata Kunci IPA
berikut (tidak semua kata kunci digunakan) dengan pernyataan di bawahnya.
a. reproduksi aseksual
b. kloning
c. ADN
d. embrio
e. pembuahan
f. meiosis
g. mitosis
h. sel kelamin
i. adaptasi
j. keanekaragaman hayati
k. seleksi alam
l. reproduksi
1. bertambah banyaknya individu
suatu spesies untuk mempertahankan jenisnya.
2. hasil peleburan sel telur dan
sperma
3. pembelahan sel untuk membentuk
sel kelamin
4. perkembangbiakan individu yang
tidak melibatkan peleburan sel kelamin
5. materi genetik yang menurunkan
sifat satu sel ke sel anaknya.
6. kemampuan makhluk hidup
menyesuaiakan diri terhadap lingkungan
7. pembelahan sel yang terjadi
pada sel tubuh
8. pembentukan sel-sel secara
invitro yang memiliki sifat sama dan identik dengan induk
9. variasi jenis spesies pada
suatu ekosistem
10. keterbatasan kondisi alam
yang menyebabkan alam melakukan pemilihan makhluk hidup yang bisa hidup di
lingkungan tertentu
Pengecekan Konsep
Pilihlah kalimat atau kata
berikut untuk melengkapi kalimat.
1. Proses yang bertujuan
menghasilkan makhluk hidup yang secara genetik sama di sebut __________
a. fertilisasi
b. perkembangbiakan seksual
c. kloning
d. mutasi
2. Sel sperma dan sel telur
adalah tipe sel _________
a. embrio
b. mutasi
c. kelamin
d. gen
3. Selama meiosis ________yang
membawa sifat berpisah
a. sel
b. sel kelamin
c. klon
d. gen
4. Matinya beberapa jenis
hewan/tumbuhan dalam waktu tertentu, merupakan contoh _______
a. seleksi alam
b. adaptasi
d. fosil
d. bencana alam
5. Makhluk hidup dapat terbukti
sesuai dengan lingkungannya melalui proses ____
a. seleksi alam
b. keanekaragaman hayati
c. menangkap mangsa
d. kawin
6. Sifat genetik suatu organisme
yang tidak tampak dari luar disebut_______
a genotif c. Stereotif
b. fenotip d. Gen
7. gen untuk sifat-sifat yang
berbeda memisah secara bebas selama pembentukan gamet, hal tersebut merupakan
konsep _________
a. hukum mendel 1
b. hukum mendel 2
c. prinsip pemisahan bebas
d. mutasi
8. Sifat fisik sebagai suatu
hasil dari penampakan genotif disebut ________
a. genotif c. Stereotif
b. fenotip d. gen
9. Usaha makhluk hidup untuk menyesuaikan
dirinya dengan perubahan yang terjadi di
lingkungannya agar dapat bertahan
hidup, disebut __________
a. adaptasi
b. seleksi alam
c. mutasi
d. kloning
10. Dua alela untuk suatu sifat
yang persis sama disebut ________
a. homozigot c. genotif
b. heterozigot d. fenotif
Jawablah pertanyaan berikut di
dalam buku IPA-mu
1. Manakah variasi berikut yang
sangat menguntungkan bagi burung yang hidup di tanah basah: kaki berselaput, kaki
bercakar, kaki dengan jempolan untuk berpegangan pada dahan?
2. Apa ada hubungan antara
banyaknya belalang hijau yang hidup di sawah dengan warna daun padi yang hijau?
3. Apa tipe adaptasi yang cocok
untuk hewan yang hidup di padang pasir?
4. Bagaimana proses meiosis
sangat penting bagi perkembang-biakan.
5. Bagaimana rasio genotip dari
hasil persilangan antara organisme yang memiliki genotip Dd dan organisme bergenotip
DD pada keadaan dominansi tidak penuh?
6. Garbis berbentuk bulat
disilangkan dengan garbis gepeng. Beberapa keturunannya mempunyai bentuk oval. Kenyataan
ini menggambarkan bentuk pewarisan sifat yang bagaimana?
1. Pengukuran. Ambillah 50
buah biji satu jenis tanaman, gunakan penggaris untuk mengukur panjang
masing-masing biji. Tulislah di dalam bukumu, kemudian hitunglah berapa panjang
biji rata-rata.
2. Membuat grafik. Buatlah
grafik balok untuk data yang kamu kumpulkan tentang panjang biji tersebut.
3. Merencanakan eksperimen.
Rencanakan sebuah eksperimen untuk menguji apakah suatu tumbuhan berkembangbiak
secara aseksual atau tidak
4. Membuat hipotesis. Buatlah
hipotesis bagaimana katak menyesuaikan dirinya.
5. Membuat poster. Buatlah
poster hewanhewan yang hidup di jaman lampau, tapi tidak berhasil menyesuaikan
diri, sehingga sekarang sudah punah.
6. Menulis. Carilah dan
tulislah ringkasan dari koran yang berceritera tentang DNA.
7. Penerapan. Buatlah
papan catur Punnet yang menunjukkan persilangan dua anjing. Anjing jantan
homozigot untuk telinga tegak dan anjing betina homozigot untuk telingan rebah.
Telinga tegak dominan terhadap yang rebah. Gunakan huruf T untuk sifat dominan,
dan huruf t untuk alela resesif. Sebutkan genotip dan fenotip dari induk, serta
genotip dan fenotip dari anaknya!
sangat membantu buat ngerjakan tugas biologi saya, kunjungan baliknya ditunggu
ReplyDelete