Geografi merupakan
gabungan dari Geografi fisik (IPA), Geografi manusia (IPS), dan Geografi teknik. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat
dalam pembelajaran Geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan
melakukan penelitian tindakan kelas di kelas XI IPS SMAK 3 BPK PENABUR Bandung
tahun 2010 dikemukakan bahwa metode Jigsaw dapat mendorong proses pelatihan
keterampilan yang menggalakkan siswa belajar aktif, mengembangkan penalaran,
serta kemandirian siswa dalam menghadapi kehidupan yang terus berubah. Metode
Jigsaw ini sangat efektif dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa. Siswa yang
semula tidak menyukai Geografi menjadi menyukai. Siswa yang semula tidak tuntas
dalam pembelajaran Geografi menjadi dapat mencapai ketuntasan. Setelah melalui
tiga siklus, penelitian ini menemukan tingkat ketuntasan siswa mencapai 100%.
Artikel Selengkapnya
dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal
Penabur
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini