Berdasarkan Standar
Nasional Pendidikan, guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kompetensi tersebut
terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan
fungsinya sebagai guru sekaligus fasilitator. Pengalaman sebagai seorang guru
fisika, penulis merasakan kendala yang besar dalam memfasilitasi siswa agar dapat memahami fisika
dengan baik. Seringkali hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan. Salah
satu kendala yang dirasakan penulis adalah rendahnya minat dan motivasi belajar
siswa terhadap pelajaran fisika. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mencoba
melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan salah satu metode
pembelajaran yaitu Scramble pada saat penulis menjelaskan materi Getaran dan
Gelombang pada siswa kelas VIII SMPK BPK PENABUR Cimahi dalam Januari-Februari
2009. Dari hasil penelitian penulis, metode ini cukup efektif dalam meningkatkan
motivasi dan minat siswa sehingga hasil belajarnya lebih baik.
Artikel Selengkapnya
dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal
Penabur
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini