Siswa sering kesulitan
menemukan gagasan utama dalam memahami isi sebuah artikel atau buku. Hal ini
berdampak pada hasil tes membaca, karena malas membaca, siswa kesulitan untuk
menemukan gagasan sebuah artikel sehingga hasil tes dalam materi membaca sangat
rendah. Dampak kesulitan ini dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa
dalam semua mata pelajaran. Dengan demikian perlu ditemukan strategi atau metode tepat untuk
meningkatkan kemampuan menemukan gagasan bagi siswa. Dengan menggunakan penelitian
tindakan kelas, penelitian ini mencoba mengatasi masalah tersebut di kelas 9
SMPK 7 BPK PENABUR Jakarta, dengan metode Cooperative Integrated Reading And
Composition (CIRC). Dalam dua siklus, hasil penelitiann yang dilakukan Januari
dan Peberuari 2010 ini, menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan metode
yang dipilih dapat membuat proses pembelajaran lebih dinamis, variatif, dan
menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat. Agar metode CIRC berhasil
dengan baik guru perlu merencanakan kegiatan pembelajaran dengan manajemen
waktu dan pengelolaan kelas yang baik.
Selain itu, guru perlu meningkatkan kompetensinya dalam menerjemahkan
dan mengimplementasikan setiap pembelajaran kebahasaan.
Artikel Selengkapnya
dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal
Penabur
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini