Keterampilan menulis
diperlukan untuk menuangkan buah pikiran secara teratur dan terorganisasi. Oleh
karena itu sejak dini siswa perlu dilatih agar dapat menuangkan ide kalimatnya
secara kreatif dan imajinatif. Pengalaman menunjukkan bahwa masih banyak siswa
yang mengalami kesulitan mengembangkan
kalimat karena metode yang digunakan oleh guru kurang sesuai. Penggunaan media
pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa termasuk dalam pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilakukan selama tiga bulan dalam tahun 2009 ini, dimaksudkan untuk mengatasi kesulitan dalam
mengembangkan sebuah kalimat di kelas 3 SDK 1 BPK PENABUR Jakarta, dengan
menggunakan media foto. Setelah melalui dua kali siklus, ternyata siswa menjadi
lebih terampil dalam mengembangkan kalimat. Berdasarkan hasil penelitian, guru
disarankan memanfaatkan media dalam mengembangkan metode pembelajaran yang
lebih bervariasi sehingga membuat siswa lebih aktif, senang, dan nyaman.
Artikel Selengkapnya
dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal
Penabur
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini