Matematika :

Feb 7, 2012

TOMAT MASAK DAPAT MENCEGAH PERTUMBUHAN KANKER


Sebuah studi laboratorium menunjukkan bahwa nutrisi berupa tomat yang dimasak ternyata mampu memperlambat pertumbuhan atau bahkan membunuh sel kanker prostat

Dr Mridula Chopra dan koleganya dari University of Portsmouth menguji efek dari nutrisi likopen pada mekanisme sederhana di mana sel-sel kanker membajak suplai darah yang sehat tubuh untuk tumbuh dan menyebar.

Mereka menemukan lycopene - yang didapat dari tomat warna merah yang mereka gunakan – mempunyai kemampuan mencegah usaha kanker untuk membuat koneksi yang dibutuhkan untuk membajak suplai darah yang sehat. Para peneliti dari universitas School of Pharmacy dan Ilmu Pengetahuan Biomedis, sekarang menyerukan tes untuk memeriksa apakah reaksi yang sama terjadi dalam tubuh manusia.

Direktur penelitian Dr Chopra mengatakan: "Ini reaksi kimia sederhana ini terbukti terjadi pada konsentrasi lycopene yang dapat dengan mudah dicapai dengan mengonsumsi tomat olahan."
Penelitian ini dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition.

Likopen hadir dalam semua buah merah dan sayuran, tetapi konsentrasi yang paling tinggi dalam tomat dan itu menjadi lebih mudah tersedia dan biologis aktif ketika datang dari tomat diolah dengan sedikit minyak goreng ditambahkan.

Dr Chopra mengatakan: "Saya menekankan bahwa pengujian kami dilakukan dalam tabung uji di laboratorium dan kebutuhan pengujian lebih harus dilakukan untuk mengkonfirmasi temuan kami, namun bukti laboratorium yang kami temukan adalah jelas - adalah mungkin untuk mencegah beberapa mekanisme yang sederhana sel-sel kanker digunakan untuk tumbuh pada konsentrasi yang dapat dicapai dengan cukup makan tomat dimasak. "

Penelitian ini sebagian didanai oleh Heinz setelah produsen makanan meminta penelitian lebih lanjut untuk menindaklanjuti penelitian sebelumnya oleh peneliti yang sama yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kadar likopen dalam sampel darah dan air mani setelah makan subyek 400g olahan, tomat selama dua minggu.

Dr Chopra dan rekan-rekannya Simone Elgass dan Alan Cooper memiliki perjanjian perusahaan mereka akan mempublikasikan hasil mereka terlepas dari hasilnya.

Sel-sel kanker dapat tetap dorman selama bertahun-tahun sampai pertumbuhan mereka dipicu melalui sekresi bahan kimia yang memulai proses menghubungkan sel-sel kanker dengan sel endotel (sel-sel sehat gatekeeper garis pembuluh darah yang) yang memungkinkan sel-sel kanker untuk menjangkau dan melampirkan ke suplai darah .Dalam percobaan laboratorium, likopen terbukti mengganggu proses menghubungkan tanpa mana sel-sel kanker tidak dapat tumbuh.

Semua sel kanker menggunakan mekanisme yang sama (angiogenesis) untuk 'memberi makan' pada pasokan darah yang sehat, namun para peneliti menekankan pentingnya mekanisme untuk kanker prostat karena lycopene cenderung terakumulasi dalam jaringan prostat.

Dr Chopra mengatakan: "Yang penting adalah untuk likopen yang cukup untuk mencapai tempat yang dapat masalah. Kita tahu bahwa dalam kasus jaringan prostat sampai di sana.

"Kami telah diuji ini di laboratorium tapi kami belum tahu jika tindakan yang sama akan terjadi dalam tubuh. Individu akan bervariasi dalam berapa banyak lycopene tubuh mereka membuat tersedia untuk melawan pertumbuhan sel kanker dan kemampuan likopen untuk 'mencegat' dengan cara ini di dalam tubuh cenderung bervariasi antara produk tomat - baik pengolahan dan memasak dengan lemak sebelumnya telah terbuktimembuat likopen lebih efektif biologis. Jenis tomat yang menawarkan lycopene yang paling efektif juga berbeda dan tes lebih perlu dilakukan untuk menemukan jenis yang terbaik dari tomat untuk tujuan ini. "

Disarankan dalam penelitian sebelumnya bahwa perokok mungkin harus mengkonsumsi tomat lebih dari non-perokok untuk mencapai manfaat likopen karena adanya stres oksidatif yang tinggi pada perokok.

Eleanor Barrie, ilmu pengetahuan petugas informasi senior di Cancer Research UK, mengatakan: "Beberapa obat kanker yang ada menargetkan pembentukan pembuluh darah baru, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menunjukkan bagaimana mereka dapat digunakan untuk membantu pasien kanker. Penelitian kecil tidak langsung kami kirim jika likopen mempunyai efek melawan kanker, namun penelitian seperti ini dapat membantu kita untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana kimia mempengaruhi pembentukan pembuluh darah. "

Sumber : SCIENTIST LIVE

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...