Dalam pembelajaran
matematika, guru sering menemui kesulitan
untuk memperkenalkan konsep matematika
pada anak usia dini khususnya untuk anak kelompok bermain yang rata – rata
berusia antara 3-4 tahun di Kelompok Bermain TKK BPK PENABUR, Kota Modern,
Tangerang. Anak masih kesulitan untuk
memahami konsep secara abtrak. Dengan berfokus
pada masalah tersebut, Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) ini mencoba memecahkan kesulitan itu dengan cara memberikan permainan praktis dan sederhana. PTK yang dilakukan selama
dua siklus, Oktober 2009 - Januari 2010, menunjukkan bahwa tehnik permainan
dapat mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep matematika. Diharapkan
dalam memperkenalkan konsep matematika pada anak kelompok bermain diberikan dengan
cara bermain atau kegiatan yang bervariasi, menyenangkan, rileks dan juga
bermakna. Dalam metode bermain guru perlu menyediakan alat permainan yang
menarik, bervariasi, sederhana dan dalam jumlah yang cukup sehingga anak dapat mencoba dan bermain
dengan senang tanpa harus menunggu terlalu lama.
Artikel Selengkapnya
dapat dilihat [di sini]
Sumber : Jurnal
Penabur
No comments:
Post a Comment
Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini