Matematika :

Jul 6, 2011

Hati-hati, Kuman Tersembunyi dalam Makanan

Mungkinkah makanan sehat bisa memicu penyakit? Bisa saja. Namun, hal ini bukan karena kandungan nutrisi di dalam makanan sehat, tapi cara mengolah yang salah bisa bikin tubuh terserang penyakit.
Jika Anda tak ingin makanan favorit berubah menjadi racun buat kesehatan, pastikan makanan yang akan dikonsumsi benar-benar aman dikonsumsi dan bebas kuman. Caranya dengan memasak dan menyajikannya dengan benar.
Khusus untuk jenis makanan berikut ini, sebaiknya Anda lebih cermat saat mengolahnya, seperti dikutip dari laman Health. Apa saja makanannya?
Sayuran berdaun hijau
Misalnya, selada, bayam, dan kangkung. Kuman yang ada dalam sayuran ini bisa didapat dari kontaminasi pupuk kimia, bilasan air kotor, atau tangan tidak bersih saat memegangnya.

Untuk melenyapkan kuman dari sayuran ini, pastikan mencucinya dengan bersih. Saat Anda memotong sayur dan daging, jangan menggunakan papan yang sama agar terhindar dari bakteri yang bisa dipindahkan dari daging ke sayuran.
Telur
Bakteri salmonella bisa didapat dari telur. Namun, jangan khawatir Anda bisa membunuh bakteri ini dengan memasaknya dengan baik dan matang sempurna. Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung telur mentah untuk menghindari terjangkit bakteri ini.

Ikan Tuna
Jenis ikan ini dapat terkontaminasi scombrotoxin, zat yang menyebabkan sakit kepala atau kram. Tuna juga dikaitkan dengan 268 wabah keracunan scombroid sejak 1990. Anda perlu hati-hati, jika ikan ini disimpan di lemari pendingin di bawah 60 derajat. Sebab, ikan yang tidak disimpan dengan benar dapat melepaskan toksin, yang tidak hancur walau dimasak.

Tiram
Ini merupakan salah satu makanan yang lezat. Tahukah Anda, sebelumnya atau ketika masih di dasar laut, tiram merupakan salah satu spesies yang bersifat menyaring air laut. Bayangkan jika mereka menyaring air laut yang terkontaminasi racun (atau terkontaminasi selama penanganan).

Tapi jangan langsung tidak makan tiram. Tiram dapat berbahaya bila proses penyajiannya tidak sehat. Jika disajikan mentah atau kurang matang, tiram dapat mengandung kuman yang dikenal sebagai Vibrio vulnificus, yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.
Kentang
Bila dimasak dengan benar, kentang tidak mungkin menyebabkan sakit. Kentang akan membahayakan kesehatan jika Anda tidak hati-hati saat mencucinya. Misalnya, Anda mencampurnya dengan daging saat mencuci, biasanya hal ini bisa menjadi sumber berkembangnya kuman.

Keju
Hati-hati, keju juga bisa mengandung bakteri. Keju dapat terkontaminasi dengan bakteri seperti Salmonella atau Listeria, yang dapat menyebabkan keguguran. Itu sebabnya dokter memperingatkan wanita hamil untuk menghindari keju lunak.

Tomat
Agar tidak menyebabkan sakit, pastikan Anda mencuci tangan selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan sesudah menyiapkan buah ini. (pet)

No comments:

Post a Comment

Jika ada yang ingin disampaikan tentang isi blog ini, mohon kiranya berkenan untuk memberikan komentar di sini

 

© Copyright yusuf blog 2010 -2011 | Design by Yusuf Blog | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...